Penggunaan Media Audio Visual VCD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011 (TP-8)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekolah khususnya tentang pembelajaran Bahasa Inggris. Banyak kenyataan menunjukkan bahwa kualitas siswa dalam Bahasa Inggris masih sangat rendah. Hal ini bias dilihat dari perolehan hasil belajar siswa dalam Bahasa Inggris yang jauh dari harapan. Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan suatu media yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Media yang peneliti gunakan adalah media audio visual VCD.
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana penggunaan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2010/2011. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2010/2011.
Skripsi ini bermanfaat bagi 1) SDI Al Azhaar diharapkan untuk dapat lebih meningkatkan motivasi dan  prestasi belajar siswa dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain, 2) Bagi guru untuk menambah pengetahuan pengajar karena dengan penggunaan media tersebut guru semakin banyak mendapat pelajaran tentang apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala kesulitan yang di alami oleh siswa dalam proses belajar mengajar yang berlangsung, meningkatkan kemampuan mengajar dan sifat profesionalisme. 3) Bagi Siswa, dapat memberikan informasi atau masukan pengetahuan baru bagi siswa untuk memanfaatkan penggunaan media audio visual VCD dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya, siswa semakin aktif dalam mengikuti pelajaran karena siswa tidak jenuh lagi dengan apa yang disampaikan guru dalam menyampaikan tidak monoton dengan metode itu-itu saja. 4) Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti.
Dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi dan prestasi belajar siswa kelas II SDI Al Azhaar. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Inggris.


Hasil penelitian yaitu : 1) Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media audio visual VCDV telah mampu membawa perubahan pada motivasi belajar siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung. Dapat terlihat dari lembar observasi yang dibuat mulai dari awal sebelum tindakan sampai akhir pada siklus II akhir tindakan. Sebelum tindakan dilakukan taraf keberhasilan motivasi siswa kelas II C SDI Al Azhaar masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi cukup dan pada akhir tindakan meningkat menjadi baik. Peningkatan motivasi belajar ini dimungkinkan karena adanya motivasi baru dalam pembelajaran, yaitu penggunaan VCD yang dikemas semenarik mungkin sehingga membuat siswa menjadi lebih mudah mempelajari materi dan siswa menjadi bersemangat untuk belajar. Oleh karena suasana belajar yang menyenangkan ini maka siswa akan merasa senang dan termotivasi untuk giat belajar dan berusaha secara maksimal demi keberhasilan mereka. Intensitas motivasi belajar seorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajar. Sehingga jika motivasi belajar pada diri siswa baik, maka diharapkan hasil belajarnya pun akan meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual VCD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 2) Penggunaan media audio visual VCD dalam kegiatan pembelajaran dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bhasa Inggris  kelas II C SDI Al Azhaar kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Hal ini terbukti dari hasil post test siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes awal sebelum tindakan (pre test)  rata-rata skor tes awal siswa adalah  58,75.  Setelah pembelajaran menggunakan media audio visual VCD pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan.

0 Response to "Penggunaan Media Audio Visual VCD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011 (TP-8)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel