Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Boyolangu (PMT-30)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangannya istilah pendidikan merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa. Selanjutnya pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mempunyai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
Dewasa ini masalah pendidikan di Indonesiamerupakan salah satu masalah yang menjadi sorotan dari berbagai pihak baik dari masyarakat, departemen pendidikan maupun departemen lainnya. Perhatian tersebut sudah selayaknya, karena sektor pendidikan merupakan sektor yang paling dominan dalam peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas, yang merupakan obyek sekaligus subyek dalam pembangunan nasional. Untuk itu perkembangan dibidang ilmu pendidikan yang semakin pesat akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan masyarakat di berbagai bidang.
Profesi guru saat ini masih banyak dibicarakan orang baik dikalangan pakar pendidikan maupun di luar pakar pendidikan. Bahkan akhir-akhir ini hampir setiap hari media masa memuat tentang guru. Ironisnya berita-berita tersebut banyak yang cenderung meremehkan posisi guru, baik yang sifatnya menyangkut kepentingan umum sampai kepada hal-hal yang sifatnya pribadi. Bahkan masyarakatpun menilai dan menuding guru tidak kompeten, tidak berkualitas dan sebagainya manakala putra-putrinya tidak bisa menyelesaikan persoalan yang ia hadapi sendiri atau memiliki kemampuan tidak sesuai dengan keinginannya.
Sikap dan perilaku masyarakat tersebut memang bukan tanpa alasan, karena memang ada sebagian oknum guru yang melanggar atau menyimpang dari kode etiknya. Dari kesalahan sekecil apapun yang diperbuat guru dapat mengundang reaksi yang begitu hebat di masyarakat. Hal ini dapat dimaklumi karena dengan adanya sikap demikian menunjukkan bahwa memang guru seyogyanya menjadi anutan bagi masyarakat di sekitarnya.[1]

Coser et.al., mengungkapkan: “Education is the deliberate, formal transfer of knowledge, skill and values from one person to another”. Sementara itu dalam Webster disebutkan “Education is the process of training and developing the knowledge, skill, mind, character especially by formal schooling”.[2]
Kaidah-kaidah tersebut menunjukkan bahwa dalam proses pendidikan ada pendidik yang berfungsi sebagai pelatih, pengembang, pemberi atau pewaris. Kemudian terdapat bahan yang dilatihkan, dikembangkan, diberikan dan diwariskan yakni pengetahuan, keterampilan, berpikir, karakter yang berupa bahan ajar serta ada murid yang menerima latihan, pengembangan, pemberian dan pewarisan pengetahuan, keterampilan, pikiran dan karakter.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal, yang mana di dalamnya terjadi proses belajar mengajar. Dalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran di sekolah tidak lepas dari peranan guru. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal maupun non-formal.
Tugas utama ini diterima guru dari tiga pihak yaitu orang tua, masyarakat dan negara. Orang tua mempercayai guru atas keyakinan bahwa guru mempunyai kemampuan dalam mendidik dan mengajar. Di samping itu guru dianggap mempunyai kepribadian, tanggung jawab, dan sifat-sifat yang baik. Sedangkan masyarakat dan negara mempercayai guru atas keyakinan bahwa guru mempunyai kemampuan dalam mencerdaskan anak didik sebagai generasi penerus bangsa.[3]
Peran guru sangat penting karena berfungsi sebagai komunikator yaitu menyampaikan pesan (materi) kepada siswa yang diadopsi sebagai bekal siswa setelah menyelesaikan studinya. Oleh karena itu peranan guru dalam mengajar belum dapat digantikan oleh mesin pengajar, tape recorder dan komputer yang diciptakan oleh manusia, karena alat-alat tersebut tidak dapat menggantikan peranan guru berkenaan dengan unsur-unsur manusiawi seperti sikap, sistem, nilai dan kebiasaan.[4]
Saputro mengemukakan bahwa peranan mendasar bagi guru sebagai kunci keberhasilan pendidikan dalam rangka pelaksanaan figur dan tugas instruksional itu, guru menempatkan kedudukan sebagai figur sentral. Di tangan gurulah terletak berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan di sekolah serta
di tangan merekalah tergantung masa depan anak didik yang menjadi harapan bangsa.
[5]
Begitu besar peranan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, maka seorang guru perlu meningkatkan kemampuannya. Artinya bahwa pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru memerlukan keahlian, kemahiran, kecakapan atau kompetensi yang memadai. Hal itu harus dimiliki oleh seorang guru sehingga di dalam proses belajar mengajar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien serta tepat pada tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan Peraturan Pemerintahan No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan seorang guru harus mempunyai kualifikasi akademik yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian yang diperoleh melalui sertifikasi sebagai penguasaan kompetensi. Pada kompetensi kepribadian, setiap guru harus memiliki pribadi yang mantap, stabil, berwibawa, dewasa arif dan berakhlak mulia. Pada kompetensi profesional, guru dituntut memiliki wawasan keilmuan yang luas dan mendalam, pada kompetensi paedagogik, guru dituntut menguasai ilmu pendidikan, antara lain memahami karakter siswa, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Sedangkan pada kompetensi sosial, guru harus mampu berkomunikasi efektif dan bersosialisasi dengan baik.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tugas guru tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang tanpa memiliki keahlian sebagai guru. Salah satu faktor berhasil tidaknya pendidikan siswa tergantung pada kompetensi guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.



0 Response to "Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Boyolangu (PMT-30)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel