Penggunaan Media Kit IPA Dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Petarukan Pemalang (TP-3)
Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana peran guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi media Kit IPA dalam menunjang proses pembelajaran IPA di SD Daerah Binaan IV Petarukan Kabupaten Pemalang.
Guru memegang peranaan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebagai sentral dalam proses pembelajaran, guru perlu meningkatkan kualitaskegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Bila guru hanya menyampaikan fakta-fakta, rumus-rumus serta masalah-masalah dan siswa menghafalnya, kegiatan belajar demikian tidak memberikan suasana yang memancing daya kritis dan kreatifsiswa, sehingga berakibatmutu pendidikan IPA rendah. Oleh karena itu peneliti mengangkat permasalahan bagaimana peran guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mediaKit IPAdalam menunjang proses pembelajaran IPA di SD Daerah Binaan IV Petarukan Kabupaten Pemalang.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian “ Single-test-single-trial method”. Proses tes hanya menggunakan sebuah tes Single-test-single-trial method dan diujicobakan satu kali. Data diperoleh dengan angket yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian membuktikan bahwa analisis deskriptifpersentase dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi media Kit IPA dalam menunjang proses pembelajaran IPA di SD Daerah Binaan IV Petarukan, hasil minimal dalam persentase yaitu sebesar 75,56%dan hasil maksimal dalam persentase sebesar
96,30% denganmemperoleh nilai rata-rata82,73%, sehingga berada pada interval antara 84,00% < Skor ≤ 100,00% dan hasil dalam persentase dikategorikan tinggi.
Dari hasil penelitian disarankan, bahwa hubungan guru dan siswa merupakan hubungan yang bersifat dua arah, guru berkewajiban membimbingdan mengarahkan siswa agar berhasil dalam belajarnya. Maka upaya guru memberikan dan menerapkan media Kit IPA dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan proses pembelajaran tersebut dapat berhasil optimal.
0 Response to "Penggunaan Media Kit IPA Dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Petarukan Pemalang (TP-3)"
Post a Comment