Penggunaan Media Kit IPA Dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Petarukan Pemalang (TP-3)

Penelitian ini  mengangkat  permasalahan  bagaimana  peran  guru  dalam perencanaan,  pelaksanaan dan evaluasi media Kit IPA dalam menunjang proses pembelajaran IPA di SD Daerah Binaan IV Petarukan Kabupaten Pemalang.
Guru              memegang    peranaan    penting    dalam    meningkatkan    kualitas pembelajaran.       Sebagai                                  sentral         dalam     proses    pembelajaran,                   guru    perlu meningkatkan kualitaskegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Bila guru hanya menyampaikan   fakta-fakta,   rumus-rumu serta   masalah-masalah   dan   siswa menghafalnya,   kegiatan   belajar   demikian   tidak   memberikan   suasana   yang memancing daya kritis dan kreatifsiswa, sehingga berakibatmutu pendidikan IPA rendah. Oleh karena itu peneliti mengangkat permasalahan bagaimana peran guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mediaKit  IPAdalam menunjang proses  pembelajaran  IPA  di  SD  Daerah  Binaan  IV  Petarukan   Kabupaten Pemalang.
Metode  penelitian  yang  dipakai  dalam  penelitian  ini  menggunakan rancangan   penelitian   “                                                      Single-test-single-trial     method”.   Proses   tes    hanya menggunakan sebuah tes Single-test-single-trial method dan diujicobakan satu kali.   Data   diperoleh   dengan   angket   yang   digunakan   oleh   peneliti   dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian membuktikan bahwa analisis deskriptifpersentase dalam perencanaan,  pelaksanaan dan evaluasi media Kit IPA dalam menunjang proses pembelajaran  IPA  di  SD  Daerah  Binaan  IV  Petarukan,  hasil  minimal  dalam persentase yaitu sebesar 75,56%dan hasil  maksimal dalam persentase sebesar
96,30% denganmemperoleh nilai rata-rata82,73%, sehingga berada pada interval antara 84,00% < Skor ≤ 100,00% dan hasil dalam persentase dikategorikan tinggi.
Dari  hasil  penelitian  disarankan,  bahwa  hubungan  guru  dan  siswa merupakan hubungan yang bersifat dua arah, guru berkewajiban membimbingdan mengarahkan       siswa   agar     berhasil            dalam  belajarnya.            Maka   upaya   guru memberikan   dan   menerapkan   media   Kit   IPA   dalam   proses   pembelajaran merupakan   salah   satu   cara   untuk   mengatasi   permasalahan   dalam   proses pembelajaran, sehingga diharapkan proses  pembelajaran tersebut dapat berhasil optimal.

0 Response to "Penggunaan Media Kit IPA Dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Petarukan Pemalang (TP-3)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel