Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII MTs PSM JELI Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010 (PMT-20)

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di sekolah, dimana siswa kurang mengusai materi bangun datar segi empat. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran. Dari pengalaman selama ini, cara guru mengajar menekankan pada penguasan konsep belaka. Konsep merupakan hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri tetapi terletak pada bagaimana sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah. Untuk itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut  dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu dengan pendekatan pembelajaran berbasis kontekstual. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis kontekstual ini, siswa diajak untuk berpikir kritis dan terampil memecahkan masalah serta mampu memahami konsep dan cara mengaitkannya dalam kehidupan nyata.
Yang menjadi fokus dalam  penelitian ini adalah 1. Bagaimana upaya meningkatkan penguasaan konsep luas bangun datar segi empat dengan menggunakan pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun ajaran 2009/2010 2. Bagaimana tingkat penguasaan peserta didik terhadap konsep luas bangun datar segi empat dengan menggunakan pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun ajaran 2009/2010
Adapun yang menjadi menjadi tujuan penelitian ini adalah 1)  Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penguasaan konsep luas bangun datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, 2) Untuk mengetahui tingkat penguasan peserta didik terhadap konsep luas bangun datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010
Pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan ada dua jenis yaitu data kuantitaf  yang tediri dari hasil tes yang dinilai dengan skor  dan data kualitatif yang terdiri dari hasil wawancara, catatan lapangan dan hasil obervasi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung. Untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, diskusi dengan teman sejawat dan guru matematika serta konsultasi dengan pembimbimg.
Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan penguasaan konsep luas bangun datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, yang sebelumnya diadakan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian perencanaan kembali sama seperti pelaksanaan siklus pertama.

Dengan diterapkan pendekatan kontekstual dapat disimpulakan bahawa penguasaan siswa pada konsep luas bangun datar dengan pendekatan kontekstual adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan pada hasil yang dicapai siswa pada tes awal nilai rata-rata 57,69 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 83,75% dan pada siklus II penguasaan siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata 88,57%.

0 Response to "Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII MTs PSM JELI Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010 (PMT-20)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel