Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung (IPS-1)

          Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, bahwa teknik pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik siswa, sehingga motivasi dan prestasi belajar siswa untuk belajar relatif rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan model pembelajaran yang menarik sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak tergantung pada cara guru dalam menyampaikan pelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match  dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
          Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchpada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?
       Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  make a match pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk meningkatkanhasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe  make a match pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.

   Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match.  Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  make a match. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match  dapat meningkatkan hasil belajar ips. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 65,4 pada siklus I menjadi 81,8 dan pada siklus II naik menjadi 91,72. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu 29,62%,  pada siklus I menjadi 65,51% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,10%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.

0 Response to "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung (IPS-1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel