Aplikasi Pendekatan Problem Solving dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIIIB MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung (PMT-14)

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kompleksitas permasalahan pendidikan matematika di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung, yaitu pada menurunnya prestasi belajar matematika siswa, dan bagaimana meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
Prestasi belajar matematika yang dialami siswa kelas VIIIBMTs Assafi’yah Gondang Tulungagung, selain dipengaruhi oleh faktor siswa juga dari faktor guru. Maka peneliti menghubungkan antara pendekatan mengajar dengan minat belajar matematika siswa kelas VIIIB MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung, fokus penelitian  ini adalah (1) Bagaimana  aplikasi pendekatan problem solvingdalam meningkatkan prestasibelajar matematika siswa kelas VIIIB pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012 ? (2) Bagaimana hasil pendekatan problem solvingdalam meningkatkan prestasibelajar matematika siswa kelas VIIIB pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pola penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dengan meneliti  siswa kelas VIIIB MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung. Metode pengumpulan data skripsi ini yaitu (1) Tes (2) Tugas (3) Wawancara (4) Observasi (5) Catatan Lapangan. Model analisa data yang digunakan yaitu model air (flow model) yang meliputi (1) Reduksi data (2) Menyajikan data (3) Menarik kesimpulan.
Adapun tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui  aplikasi pendekatan problem solvingdalam meiningkatkan prestasi belajar matematika. Siswa kelas VIIIB pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) untuk mengetahui hasil pendekatan problem solving dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIB pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung.


Hasil penelitian setara empiris menunjukan pembelajaran dengan pendekatan problem solving membantu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pembelajaran ini dilakukan dengan setting belajar kelompok dan individu. Dalam hal ini, siswa diminta memecahkan permasalahan yang diberikan dengan caranya sendiri. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel adalah baik dan siswa juga aktif dalam kerja serta diskusi kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada guru agar melaksanakan pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan problem solving sehingga lebih memperdalam pemahamannya terhadap materi sistem persamaan linier dua variabel sebagai upaya meningkatkan prestasi  belajar matematika siswa.

0 Response to "Aplikasi Pendekatan Problem Solving dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIIIB MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung (PMT-14)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel