Pengertian danTujuan Manajemen Mutu Pendidikan

Pengertian Manajemen Mutu Pendidikan
Secara umum, mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barangatau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yangdiharapkan atau yang tersirat.Selanjutnya mutu atau kualitas, sebenarnya telahmenjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi sampai sekarang baik di duniaindustri barang atau industri jasa, belum ada definisi yang sama tentang kualitas.

Goetsch dan Davis (Lesley Mauro dan Malclom (2002: 6), mengibaratkan bahwakualitas itu seperti istilah pornografi, yaitu sulit didefinisikan tetapi fenomenanya atau tanda-tandanya dapat dilihat dan dirasakan dalam kehidupan nyata. Selanjutnyamenurut Goetsch dan David (2000: 47) menyebutkan definisi kualitas yang diterimasecara umum menyangkut elemen-elemen berikut:
  1. Mempertemukan harapan pelanggan (customer)
  2. Menyangkut aspek produk, servis, orang, proses dan lingkungan.
  3. Kriteria yang selalu berkembang yang berarti bahwa sebuah produk sekarang berkualitas, tetapi di lain waktu mungkin tidak lagi berkualitas
Jadi kualitas merupakan sesuatu yang dinamis yang selalu diasosiasikan dengan produk, servis, orang, proses dan lingkungan. Prinsipnya bahwa komitmen yang harusdibangun dalam setiap diri kualitas adalah pemahaman bahwa:
  1. Kualitas merupakan kunci ke arah program yang berhasil. Kurang perhatianterhadap kualitas akan mengakibatkan kegagalan dalam jangka panjang.
  2. Perbaikan-perbaikan kualitas menuntut komitmen manajemen sepenuhnyauntuk dapat berhasil.
  3. Perbaikan kualitas adalah kerja keras. Tidak ada jalan pintas atau perbaikancepat. Menuntut perbaikan budaya bagi organisasi secara keseluruhan.
  4. Perbaikan kualitas menuntut banyak pelatihan.
  5. Perbaikan kualitas menuntut keterlibatan semua karyawan secara aktif dankomitmen mutlak dari semua manajemen
Konsep kualitas dalam pengelolaan lembaga pendidikan seharusnya benar-benartanggap dan konsisten terhadap kualitas, baik kualitas manajemen yang dilihat dari proses maupun kualitas kegiatan-kegiatan pendidikan dan produk pelayanan jasa pendidikan. Manajemen mutu pendidikan dapat dinyatakan sebagai karakteristik yangharus dipelihara secara kontinu guna memenuhi kebutuhan dan kemauan pelangganatau masyarakat.


Tujuan Manajemen Mutu Pendidikan
Penerapan konsep manajemen mutu dalam pendidikan memiliki beberapa tujuan.Tujuan dari manajemen mutu pendidikan adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memelihara dan meningkatkan kualitas secara berkelanjutan(sustainable) yang dijalankan secara sistemik untuk memenuhi kebutuhanstakeholders. Pencapaian ini membutuhkan sebuah manajemen yang efektifagar tujuan tersebut tidak mengecewakan bagi para pelanggan atau masyarakat. Karena itu lembaga pendidikan harus mengambil peran aktifmewujudkan keinginan stakeholders.
  2. Memperoleh masukan agar konsep manajemen ini dapat diimplementasikandengan mudah dan sesuai dengan kondisi lingkungan Indonesia yang memilikikeragaman kultul, sosial ekonomi masyarakat dan kompleksitas geografis.
  3. Menggalang kesadaran bahwa peningkatan mutu manajemen merupakantanggung jawab semua komponen masyarakat, dengan fokus peningkatanmutu yang berkelanjutan pada tataran lembaga pendidikan
Membangun manajemen mutu pendidikan harus menjadi agenda dan kerja nyatauntuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan visi dan misi baru. Di lingkunganlembaga pendidikan, konsep manajemen mutu pendidikan secara sederhana dapatdilihat dari perolehan angka hasil ujian atau bagaimana alumni lembaga pendidikantersebut dapat mengaplikasikan perolehan ilmu pengetahuannya dalam kehidupansehari-hari dalam masyarakat. Atau dengan kata lain mereka dapat dipercayamenggambarkan derajat perubahan tingkah laku atau penguasaan kemampuannyameliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

SUMBER;

Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta.Dewantoro, Ki Hajar. 1962.

Bagian Pertama: Pendidikan. Jogjakarta : Taman Siswa.Edward Sallis. 2006.
Total Quality Management In Education (alih Bahasa AhmadAli Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoDEti 

Rochaety,dkk.2005 .Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan. Jakarta : bumiAksara.

 
23
merupakan tim independen yang melaksanakan dan melakukan audit mutu secara berkala.
Daftar Pustaka
Darmadi, Hamid. 2007.
 Dasar Konsep Pendidikan Moral
. Bandung : Alfabeta.Dewantoro, Ki Hajar. 1962.
 Bagian Pertama: Pendidikan
. Jogjakarta : Taman Siswa.Edward Sallis. 2006.
Total Quality Management In Education
 (alih Bahasa AhmadAli Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoDEti Rochaety,dkk.2005 .
Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan
. Jakarta : bumiAksaraIndra Djati Sidi.2003.
 Menuju Masyarakat Belajar 
. Jakarta : LogosIsmaun. 2007.
Filsafat Administrasi Pendidikan
. Bandung: Universitas Pendidikan.Lalu Sumayang.2003.
 Manajemen produksi dan Operasi
. Jakarta : Salemba EmpatTim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia..1991.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
. Jakarta :Balai Pustaka

0 Response to "Pengertian danTujuan Manajemen Mutu Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel