e-procurement dan e-commerce
e-procurement dan e-commerce
e-procurement : integrasi dan pengelolaan elektronik terhadap seluruh kegiatan pegadaan,mencakup : permintaan pembelian,pemesaan,penyampaian dan pembayaran antara pembeli dan pemasok.
e-procurement harus meningkatkan kinerja dari "lim ahak pembelian"
- harga pantas
- waktu penyamapain tempat
- mutu sesuai
- jumlah sesuai
- dari sumber yang tepat
maanfaat e-procurement
- meningkatkan produktivitas pelaku pembelian
- menurunkan harga belidengan standarisasi produk dan konsolidasi pembelian
- meningkatkan alur dan manajemen informasi
- mengurangi pembelian dari pemasok dadakan
- meningkatkan proses pembayaran
- menciptakan hubungan efisien dan kerjasama dengan pemasok
- memastikan pengiriman tepat waktu setiap kali
- mengurangi persyaratan dan pelatihan keterampilan pada pelaku pembelian
- mengurangi jumlah pemasok
- mengefisienkan proses pembelian,menjadi sederhana dan cepat
- mengurangi biaya asminitratif per pesanan
- pencarian yang lebih baik
- mengaitkan proses pegadaian dengan kontrol anggaran,dengan cara yang efisien dan efektif
- megurangi kesalahan manusia dalam proses pembelian dan pengiriman
- mengawasi dan membuat aturan tentang perilaku membeli
tiga model utama dalam e-procurement untuk pembelian
- sell-side ( pembelian antara web site dari suplier's yaitu one to many)
- buy side (pembelian via buyers webside yaitu many to one)
- independen marketplace (pembelian via intermediary web site yaitu many to many)
perbedaan B2C dengan B2B
karakteristik B2C
- menengah ke bawah
- relatif sederhana,terkait dengan pilihan individu atau pihak pihak yang mempengaruhi
- relatif sederhana langsung atau dari pengecer
- nilai rendah,volume tinggi,volume rendah
- sering berupa item standar
karakteristik B2B
- tinggi
- lebih kompleks
- langsung atau lewat grosiran, agen atau distributor
- mirip dalam hal volume/nilai,namu pembelian sring berulang
- item standard atau dibuat sesuai pesanan.
jenis distribusi pada e commerce
- distibusi digital dapat dialkukan pada produk/jasa yang dapat ditransformasikan menjadi format digital dan biasanya didistribusikan melalui jaringan internet
- distribusi fisik pembelian akan menerima produk fisik secara utuh ataupun media yang berisi produk/jasa yang dibelinya.
berbagai metode pembayaran e-commerce
- mobile payment : pembayaran dngan telekomunikasi nirkabel,,telepon genggam
- cash on delivery : pembayaran langsung antara pembeli dan penjual
- e-check : pelanggan harus memberikan informasi nama bank
- e-purse : perangkat lunak dan informasi transaksi online yang terenkripsi
the inpact of electronic communications on traditional businesses
Inbound marketing
costumer akan sangat proaktif ketika berbicara tentang informasi yang mereka butuhkan.dan interaksi yang mereka dapatkan ketika mengetahui merek dari barang yang dibutuhkan dan akan mencarinya didunia sosial pemasaran. ini adalah kegiatan yang baik yang didapat di dalam media search engine ketika costumers mengenter search maka mereka akan ditunjukkan produk dan layanan. search marketing,marketing content dan media sosial pemasaran akan proaktive dan memilih pemasaran.
perbedaan dari types of sell-side e-commerce
- transactional e-commerce sites.memungkinkan kita untuk penjualan online service oriented relatonship-building web-site.kegiatan yang hanya memperkenalkan produk yang akan dijual online.
- brand-build sites.untuk mendukung seberapa terkenalnya barang dan bukan kegiatan penjualan barang tersebut.
- portal-publised ormedia sites.web site yang terhubung ke web site yang lain.
- social network sites(SNS).satu website yang memberikan peer-to-peer komunikasi yang ada di group atau beberapa individu yang memberikan fasilitas untuk memberikan pengguna baru untuk terhubung dan untuk endapatkan pesan dan komen kepada user atau pengguna yang berbeda.
DIGITAL MARKETING
- digital marketing,e-marketing or internet marketing adalah beberapa bagian yang berhubungan dengan e-commerce.’digital marketing’ adalah bagian yang sering digunakan oleh spesialis agensi e-marketing,recruitment dari staff dan media baru yang di publicasikan dengan new media age.
- digital marketing involves : penggunaan dari teknologi dengan channels form online untuk pemasaran seperti : web,email,databases,plus mobile/wireless and digital TV.
- to achieve these objecties: membantu aktivitas pemasaran denan acieving rofitable and pemlihan pengguna...dengan multi-channels proses pembelian and custumer lifecycle. -
- throgh using these marketing tactics: memberitahukan strategi penggunaan dari tehnologi digital dan menyampaikan perencanaan untuk reach dan migrate custumer untuk layanan online untuk electronik komunikasi dan tradisional komunikasi
options for companies to reach the guidence
- owned :kepemilikan merek dari suatu barang.online,website perusahaan,blogs,email-list,mobile apps,facebook,linkedin or twitter.offline datng atau mengunjungi.
- earned: traditional,memberitahukan ke publik untuk PR mengetahui target tentang bagaimana mempromosikan sebuah merek.
- paid media: memberitahukan kepada media bagaimana mencari invesment untuk visitors.
6 saluran yang ada di digital media channels
- search engine marketing : memberikan petunjuk melalui media search engine untuk menemukan website dengan pengguna mengisikan pada tempat pencarian.
- online PR : membantu perusahaan untuk memberitakan dan melakukan interaksi dengan merek perusahaan,produk dengan websites.
- online partnership : membuat dan memantau kegiatan promosi dengan layanan online atau dengan email komunikasi.
- interactive advertising : menggunakan media online untuk pembuatan banner and memilih media to menggunaka merek.
- opt-in emai advertising : reting dari email atau tempat pencarian terbanyak. -sosial media marketing : kegiatan yang membantu untuk melakukan komunikasi dengan costumer di dalam perusahaan atau dengan sosial seperti facebook dan twitter atau blogs dan melakukan pembagian di media publik dan forum.
0 Response to "e-procurement dan e-commerce"
Post a Comment