Makalah Sistem Komputer



KATA PENGANTAR


Puji  syukur  atas  kehadiran Tuhan Yang  Maha  Esa  atas  rahmat  dan
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul
“SISTEM  KOMPUTER”,    yang  mana  makalah ini  disususn bertujuan untuk
memenuhi  tugas  Arsitektur  dan Organisasi  Komputer  dalam  menempuh
pendidikan di  Sekolah Teknologi  Ilmu Management  Informatika  dan Komputer

Asia Malang.

Penulis  menyadari  bahwa  masih banyak kekurangan dan keterbtasan
dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang  membangun dari  semua  pembaca  demi  kesempurnaan
makalah ini.  Semoga  makalah ini  berguna  dan  dapat  menambah pengetahuan
pembaca.

Demikian makalah  ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang
berkenan dan banyak terdapat  kekurangan,  penulis  mohon maaf  yang  sebesar-
besarnya.



    Malang, 9 November 2009






       Penulis









DAFTAR ISI





Sampul .........................................................................................     i

Kata Pengantar .............................................................................     ii

Daftar Isi ......................................................................................       iii



BAB I PENDAHULUAN.............................................................      1

BAB II PEMBAHASAN..............................................................  2

           1. Sistem Komputer ...........................................................  2

                a. Pengertian Sistem......................................................    2

                b. Pengertian Komputer ................................................  2

                c. Pengertian Sistem Komputer .....................................  2

                d. Komponen-komponen Komputer ..............................      3

                    1. Hardware ..............................................................  3

                    2. Software................................................................    9

                    3. Brainware..............................................................       11

            2. Operasi Sistem Komputer .............................................       11

BAB III PENUTUP......................................................................       14

Daftar Pustaka









BAB I PENDAHULUAN




Komputer  merupakan alat  modern yang  tidak bisa  dilepaskan dari
kehidupan     sehari-hari.     Mulai     dari     mengerjakan     pekerjaan     kantor,
multimedia,bahkan hiburan.  Dewasa  ini  perkembangan komputer  semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia
mau tidak mau harus  mengikuti  perkembangan kemajuan teknologi  khususnya
bidang  komputerisasi  agar  kita  tidak termakan oleh alat  yang  kita  buat  sendiri.
Atas  dasar  itu kami  mencoba  membahasnya  dalam  bentuk makalah dengan
harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali  pembahasan tentang  komputer,  tapi  kami  coba  menulis
makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis
besarnya  saja,  jika  kami  membahas  secara  keseluruhan itu membutuhkan waktu
yang tidak sedikit dan referensi yang banyak. 
Makalah ini  kami  susun sangat  simpel  agar  para  pembaca  mudah
mencernanya dan tidak bosan membacanya, 
Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat
dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca.









BAB II PEMBAHASAN



1.      Sistem Komputer
a. Pengertian Sistem
Sistem  berasal  dari  bahasa  Latin (systema)  dan  bahasa  Yunani
(sustema)  adalah suatu kesatuan yang  terdiri  komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama  untuk memudahkan aliran informasi,  materi  atau
energi.  Sistem  juga  merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang  berada  dalam  suatu wilayah serta  memiliki  item-item
penggerak.
b. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur  yang  telah dirumuskan.  Kata  komputer  semula  dipergunakan
untuk menggambarkan  orang  yang  perkerjaannya  melakukan perhitungan
aritmatika,  dengan atau tanpa  alat  bantu,  tetapi  arti  kata  ini  kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 
c. Pengertian Sistem Komputer
Sistem  Komputer  adalah elemen-elemen yang terkait  untuk
menjalankan suatu  aktifitas  dengan menggunakan komputer.  Elemen dari
sistem  komputer  terdiri  dari  manusianya  (brainware),  perangkat  unak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware). 
Dengan demikian komponen tersebut  merupakan elemen yang
terlibat  dalam  suatu sistem  komputer.  Tentu saja  hardware  tidak berarti
apa-apa  jika  tidak ada  salah satu dari  dua  lainnya  (software  dan
brainware).  Contoh sederhananya,  siapa  yang  akan menghidupkan
komputer  jika  tidak ada  manusia.  Atau akan menjalankan perintah  apa
komputer tersebut jika tidak ada softwarenya. 
Arsitektur  Von Neumann menggambarkan komputer  dengan
empat  bagian utama:  Unit  Aritmatika  dan Logis  (ALU),  unit  kontrol,





1









memori,  dan alat  masukan dan hasil  (secara  kolektif  dinamakan I/O).
Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.   Hardware ( Perangkat Keras )
·       Processing Device
·       Input Device
·       Output Device
·       Storage Device
2.   Software ( Perangkat Lunak )
·       Operating System
·       Application Program
·       Language Program
3.   Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )


1.  Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat  yang  dapat  kita  lihat  dan dapat  kita  sentuh secara
fisik,  seperti  perangkat  perangkat  masukan,  perangkat  pemroses,
maupun perangkat  keluaran.  Peralatan ini  umumnya  cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang  disebut  juga  dengan instruction set  tadi.  Dengan adanya
perintah yang  dimengerti  oleh mesin tersebut,  maka  perintah
tersebut  melakukan    berbagai  aktifitas  kepada  mesin       yang
dimengerti  oleh mesin  tersebut  sehingga  mesin bisa  bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
·       Processing Device (CPU)
CPU  (  Central  Processing  Unit  )  berperanan untuk
memproses     arahan,      melaksanakan     pengiraan     dan
menguruskan laluan informasi  menerusi  system  komputer.
Unit  atau peranti  pemprosesan juga  akan  berkomunikasi









dengan peranti  input  ,  output  dan storan bagi  melaksanakan
arahan-arahan berkaitan. 
Dalam  komputer-komputer  modern,  kedua  unit  ini
terletak dalam  satu sirkuit  terpadu (IC  -  Integrated Circuit),
yang biasanya  disebut  CPU  (Central  Processing Unit).  CPU
memiliki  fungsi  adalah  program-program  yang  disimpan
dalam  memori  utama  dengan cara  mengambil  instruksi-
instruksi,  menguji  instruksi  tersebut  dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi  pembacaan instruksi  (fetch)  dan operasi  pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1.   ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit  Aritmatika  dan Logika,  atau Arithmetic  Logic
Unit  (ALU),  adalah alat  yang  melakukan semua  operasi
aritmatika  dengan dasar  penjumlahan sehingga  sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari  suatu operasi  logika  sesuai  dengan
instruksi  program.  Operasi  logika  meliputi  perbandingan
dua  operand dengan menggunakan operator  logika
tertentu,  yaitu sama  dengan (=),  tidak sama  dengan (≠),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥)  ALU juga
dapat  melakukan pelaksanaan arimatika  (pengurangan,
penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
OR,     NOT      ),     dan     pelaksanaan     perbandingan
(membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2.   CU ( Control Unit )
Unit  control,  mengatur  dan mengendalikan semua
peralatan yang  ada  pada  sistem  komputer,  kapan alat
input  menerima  data  dan kapan data  diolah serta  kapan
ditampilkan pada  alat  output.  Mengartikan instruksi-









instruksi dari program komputer. Membawa data dari alat
input  ke  memori  utama.  Mengambil  data  dari  memori
utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika.  Membawa  hasil  pengolahan data  kembali  ke
memori  utama  lagi  untuk disimpan,  dan pada  saatnya
akan disajikan ke alat output.
Selain  itu CPU  juga  memiliki  beberapa  alat
penyimpanan yang  berukuran kecil  yang  disebut  dengan 
Register  yang memiliki  fungsi  Alat  penyimpanan kecil
dgn kecepatan akses  cukup tinggi,  yg  digunakan untuk
menyimpan data  dan instruksi  yang  sedang  diproses,
sementara  data  dan instruksi  lainnya  yang  menunggu
giliran untuk diproses,  masih disimpan di  dalam  memori
utama.
Banyak register  dalam  CPU,  masing-masing  sesuai
dengan fungsinya yaitu :
1.   Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi  yang
sedang diproses.
2.   Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari
memori  utama  yang  berisi  instruksi  yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi  alamat  dari  memori  utama  yang  berisi
instruksi berikutnya.
3.   General Purpose Register
Punya  kegunaan umum  yang  berhubungan
dengan data  yang  sedang  diproses.  Contoh,  yg
digunakan untuk menampung  data  disebut  operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator.









4.   Memory Data Register ( MDR )
Digunakan    untuk    menampung    data  atau
instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau  menampung  data  yg  akan direkam  ke  memori
utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5.   Memory Address Register
Digunakan untuk menampung  alamat  data  atau
instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg
akan diletakkan.
Selain register,  beberapa  CPU  menggunakan
suatu  cache  memory  yang mempunyai  kecepatan
sangat  tinggi,  agar  kerja  CPU  lebih efisien.  Tanpa
cache  memory,  CPU  akan menunggu sampai  data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil  pengolahan selesai  dikirim  ke  memori  utama,
baru proses  selanjutnya  bisa  dilakukan.  Padahal
proses  dari  memori  utama  lebih lambat  dibanding
kecepatan register  sehingga  akan banyak waktu
terbuang.  Dengan adanya  cache  memory,  sejumlah
blok informasi  pada  memori  utama  dipindahkan ke
cache  memory  dan selanjutnya  CPU  akan  selalu
berhubungan dengan cache memory.
·    Input and Output Device
I/O   membolehkan komputer  mendapatkan informasi
dari  dunia  luar,  dan menaruh hasil  kerjanya  di  sana,  dapat
berbentuk fisik (hardcopy)  atau non fisik (softcopy).  Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk  drive,  ke  yang  lebih tidak biasa  seperti  webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
 Yang  dimiliki  oleh semua  alat  masukan biasa  ialah
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu









macam  ke  dalam  data  yang  bisa  diolah lebih  lanjut  oleh
sistem  komputer  igital.  Alat  output,  men-decode  data  ke
dalam  informasi  yang  bisa  dimengerti  oleh         pemakai
komputer. 
1.   Input Device
Input  Device  adalah  perangkat  keras  komputer  yang
berfungsi  sebagai  alat  untuk memasukan data  atau
perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
·       Keyboard
·       Pointing Device 
Mouse 
Touch screen
Digitizer Grapich Tablet
·       Scanner
·       Microphone


2.   Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi  untuk menampilkan keluaran sebagai  hasil
pengolahan data.  Keluaran dapat  berupa  hard-copy (ke
kertas),  soft-copy  (ke  monitor),  ataupun berupa  suara.
Alatnya antara lain adalah :
·       Monitor
·       Printer 
·       Speaker


·    Storage Device
Register  CPU  berukuran kecil  sehingga  tidak  dapat
menyimpan semua  informasi,  maka  CPU  harus  dilengkapi
dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori
utama. Terbagi menjadi dua yaitu :









1.   Internal Storage
Adalah media  penyimpanan yang  terdapat  didalam
komputer yaitu : 
·    RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program  yang  kita  olah untuk
sementara  waktu.  Dapat  diakses  secara  acak (  dapat
diisi/ditulis,  diambil,  atau dihapus  isinya  ).  Struktur
RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1.   Input Storage
Digunakan untuk menampung  input  yang
dimasukkan melalui alat input.
2.   Program Storage
Digunakan    untuk     menyimpan    semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3.   Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data  yang
akan diolah dan hasil pengolahan.
4.   Output Storge
Digunakan untuk menampung  hasil  akhir
dari  pengolahan data  yang  akan ditampilkan ke
alat output.
·    ROM ( Read Only Memori )
Memori  yang  hanya  bisa  dibaca  dan berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu ke  dalam  ROM,  sudah diisi  oleh pabrik
pembuatnya.  Berupa  sistem  operasi  yg  terdiri  dari
program  pokok,  seperti  program  untuk mengatur
penampilan karakter  di  layar,  pengisian tombol  kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol  tertentu,  dan
bootstrap program.  Program  bootstrap diperlukan pada









saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),
yang dapat  berupa  cold  booting  atau warm  booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi  ROM,  dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1.   PROM (Programmable Read Only Memory), yg
hanya dapat diprogram satu kali.
2.   EPROM  (Erasable  Programmable  Read  Only
Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
diprogram kembali berulang-ulang.
3.   EEPROM  (Electrically  Erasable  Programmable
Read  Only    Memory),   dapat  dihapus  secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
2.   External Storage
Perangkat  keras  untuk melakukan  operasi  penulisan,
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu :
·    Floppy Disk
·    Hard Disk
·    CD Room
·    DVD


2.  Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian   prosedur  dan    dokumentasi  program  yang
berfungsi  menyelesaikan  masalah  yang  dikehendaki.  Merupakan
data  elektronik yang  disimpan sedemikian rupa  oleh komputer  itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
yang akan dijalankan oleh perintah,  maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer  untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya. 
·       Operating System









Sistem  operasi  atau operating system  ialah Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware   komputerPerangkat  lunak   yang  dihubungkan
dengan pelaksanaan program  dan koordinasi  dari  aktivitas
sistem  komputer.  Ada  beberapa  macam  system  operasi
diantaranya adalah :
Linux
Windows
Mac OS


Tugas  sistem  operasi  termasuk (tetapi  tidak hanya)
mengurus  penjalanan program  di  atasnya,  koordinasi  Input,
Output,  pemrosesan,  memori,  serta    penginstalan dan
pembuangan software. 
Sistem  operasi,  menentukan program  yang mana
dijalankan,  kapan,  dan  alat  yang  mana  (seperti  memori  atau
I/O)  yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis  kepada  program  lain,  seperti  kode  (driver)  yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu
mesin tanpa  perlu mengetahui  detail  dari  semua  alat
elektronik yang terhubung.


·       Application Program
Yaitu program  komputer  yang  siap digunakan atau
disebut  juga  program  siap pakai.  Program  paket  digunakan
untuk aplikasi  bisnis  secara  umum,  aplikasi  khusus  dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
Microsoft Word
Microsoft Excel














·








CorelDraw X4
Dll


Language Program
Language  Program  atau  bahasa  pemrograman adalah
bahasa  yang  digunakan oleh manusia  untuk berkomunikasi
dengan komputer,  karena  komputer  memiliki  bahasa  sendiri
maka  komputer  tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
Pemrograman,    seperti     :Bahasa     komputer    yang
digunakan untuk menulis  instruksi-instruksi  program  untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh  programer,
seperti :
Visual basic
Turbo pascal
Delphi




3.  Brainware
Brainware  adalah orang  yang  mengoperasikan       sebuah
komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka
tidak akan dapat digunakan.


2.      Operasi Sistem Komputer
Secara  umum,  sistem  komputer  terdiri  atas  CPU  dan sejumlah device
controller  yang  terhubung  melalui  sebuah bus  yang  menyediakan akses  ke
memori.  Umumnya,  setiap device  controller  bertanggung  jawab atas  sebuah
hardware  spesisfik.  Setiap device  dan CPU  dapat  beroperasi  secara  konkuren
untuk mendapatkan akses  ke  memori.  Adanya  beberapa  hardware  ini  dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi.  Karena  itu untuk mencegahnya  sebuah
memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori. 










Pada  sistem  komputer  yang lebih maju,  arsitekturnya  lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa,  digunakan beberapa  buah bus  .  Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM,
Prosesor,  GPU  (VGA  AGP)  dihubungkan oleh bus  utama  berkecepatan tinggi
yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain
yang  lebih lambat  dihubungkan oleh bus  yang  berkecepatan lebih rendah yang
terhubung  dengan bus  lain yang  lebih cepat  sampai  ke  bus  utama.  Untuk
komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung  jawab sinkronisasi  bus  yang  secara  tak langsung  juga
mempengaruhi  sinkronisasi  memori  dilakukan  oleh sebuah bus  controller  atau
dikenal  sebagai  bus  master  .  Bus  master  akan mengendalikan aliran data  hingga
pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset
.Jika  komputer  dinyalakan,  yang  dikenal  dengan nama  booting,  komputer  akan
menjalankan  bootstrap  program  yaitu sebuah  program  sederhana  yang  disimpan
dalam  ROM  yang  berbentuk chip CMOS  (Complementary  Metal  Oxide
Semiconductor)  .  Chip CMOS  modern biasanya  bertipe  EEPROM(Electrically
Erasable  Programmable  Read Only  Memory),  yaitu memori  non-volatile  (tak
terhapus  jika  power  dimatikan)  yang  dapat  ditulis  dan dihapus  dengan pulsa
elektronik.  Lalu bootsrap program  ini  lebih dikenal  sebagai  BIOS  (Basic  Input
Output System) .
Bootstrap program  utama,  yang  biasanya  terletak di  Motherboard akan
memeriksa  hardware-hardware  utama  dan melakukan inisialisasi  terhadap
program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware .
Bootstrap program  utama  kemudian akan mencari  dan meload kernel
sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari
sini  program  sistem  operasi  akan menunggu kejadian tertentu.  Kejadian ini  akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt  dari  software  atau hardware,  sehingga  Sistem  Operasi  ini  disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal
tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan system
call  atau juga  dikenal  dengan istilah monitor  call  .  System/Monitor  call  ini  akan
menyebabkan trap yaitu interrupt  khusus  yang  dihasilkan oleh software  karena
adanya  masalah atau permintaan terhadap layanan sistem  operasi.  Trap ini  juga
sering disebut sebagai exception .
Setiap interrupt  terjadi,  sekumpulan kode  yang  dikenal  sebagai  ISR
(Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang  harus  dilakukan,  dapat  dilakukan dengan dua  cara
yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang
ada  untuk menyelidiki  sumber  interrupt  dan dengan cara  menggunakan alamat-
alamat  ISR  yang  disimpan dalam  array  yang  dikenal  sebagai  interrupt  vector  di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang
di-  interrupt  .  Pada  komputer  lama,  alamat  ini  disimpan di  tempat  tertentu yang
tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama
dengan informasi state saat itu.









BAB III PENUTUP



Sistem  Komputer  adalah  elemen-elemen yang  terkait  untuk menjalankan
suatu aktifitas  dengan menggunakan komputer.  Elemen dari  sistem  komputer
terdiri  dari  manusianya  (brainware),  perangkat  lunak (software),  set  instruksi
(instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :




1.



Hardware ( Perangkat Keras )



·
·
·
·


Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device


2.


Software ( Perangkat Lunak )



·
·
·


Operating System
Application Program
Language Program


3.


Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )


Adanya  beberapa  hardware  ini  dapat  menyebabkan masalah sinkronisasi.


Karena  itu dalam  operasi  sistem  komputer  untuk mencegahnya  sebuah memory
controller  ditambahkan untuk sinkronisasi  akses  memori.    Untuk  meningkatkan
performa,  digunakan beberapa  buah bus  .  Tiap bus  merupakan jalur  data  antara
beberapa  device  yang  berbeda.  Jika  komputer  dinyalakan  Bootstrap program
utama  akan memeriksa  hardware-hardware  utama.  Pada  komputer  modern
biasanya  ditandai  dengan munculnya  interrupt  dari  software  atau hardware,
sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.

Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi
masyarakat  pada  umumnya  dan mahasiswa  pada umumnya.  Apabila makalah ini
terdapat  kekurangan maupun kesalahan dalam  penulisan/pembahasan kami
mengucapkan mohon maaf.








DAFTAR PUSTAKA



·    http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
·    http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistem-
komputer.ppt.
·    http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE
zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.

0 Response to "Makalah Sistem Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel