PENGERTIAN KEPEMIMPINAN DAN KARAKTER SEORANG PEMIMPIN
Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah suatu proses dimana seseorang berupaya mempengaruhi sejumlah orang dan mengarahkan organisasinya untuk mencapai suatu tujuan, sehingga hubungan antara manusia didalam organisasi tersebut lebih kohesif dan koheren. Atau suatu proses dimana seseorang berupaya mempengaruhi sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Dalam rangka menjalankan proses kepemimpinannya ini, mereka menggunakan sejumlah “pengetahuan” dan “keterampilan” yang dimilikinya, terlepas dari apakah pengetahuan dan keterampilan tersebut ditunjang oleh bakat bawaan dirinya atau hasil dari proses pembelajaran (formal dan/atau non-formal). Pengetahuan merupakan kombinasi dari pengalaman, informasi kontekstual, nilai dan wawasan para pakar yang dijadikan acuan, sebagai kerangka untuk mengevaluasi dan menggambungkan informasi dan pengalaman baru. Menurut John Locke, kita memiliki kerangka ide dalam diri kita (gagasan pertama) yang kita gunakan untuk mengevaluasi informasi dan pengalaman baru (gagasan kedua). Menurut Peter F. Drucker, pengetahuan adalah informasi bagi seseorang sebagai landasan untuk melakukan suatu tindakan dalam situasi perubahan, sehingga individu atau organisasi mampu bertindak dengan cara yang berbeda dan lebih efektif. Melalui pengetahuan dan informasi, seseorang diharapkan menghasilkan tindakan yang tepat dan mengartikulasikan tindakan yang paling mungkin. Yaitu dengan menseleksi dan menilai berbagai alternatif tindakan serta bagaimana tindakan tersebut harus diimplementasikan agar sesuai dengan hasil atau kinerja yang diinginkan.
Terdapat 2 (dua) jenis pengetahuan yang perlu difahami oleh seorang pemimpin, yakni pengetahuan eksplisit dan pengetahuan implisit. Pertama, pengetahuan eksplisit, yaitu pengetahuan yang dapat diartikulasikan ke dalam bahasa formal, termasuk pernyataan gramatikal (kata dan angka), ekspresi matematika, spesifikasi, manual, dan lain sebagainya. Pengetahuan eksplisit ini segera dapat ditularkan terhadap orang lain, yaitu dengan mudah dapat diproses oleh komputer, dikirimkan secara elektronik, atau disimpan dalam suatu database. Kedua, pengetahuan implisit, adalah pengetahuan pribadi yang telah tertanam dalam pengalaman individu dan melibatkan faktor-faktor tak berwujud, seperti keyakinan pribadi, perspektif, dan sistem nilai. Pengetahuan implisit sulit – namun bukan mustahil - diartikulasikan kedalam bahasa formal, dikarenakan berisi wawasan subyektif, intuitif, dan firasat. Sebelum pengetahuan implisit dapat dikomunikasikan, hal tersebut terlebih dahulu harus diubah menjadi kata-kata, model, atau nomor yang dapat dimengerti. Terdapat dua dimensi pengetahuan implisit, yakni:
- Dimensi Teknik (prosedural) : yaitu suatu jenis keterampilan non-formal yang sering diungkap dalam istilah know-how . Misalnya keterampilan seorang pengrajin atau juru masak yang telah mengembangkan kekayaan keahlian dalam pengalamannya bertahun-tahun. Biasanya pengrajin tersebut sering mengalami kesulitan mengartikulasikan prinsip-prinsip teknik atau ilmunya tentang keindahan atau cita rasa dari hasil karyanya. Pengalaman yang diperolehnya bersifat subjektif, pribadi, intuitif, firasat dan inspirasi yang berasal dari totalitas pengalaman dan penghayatan setelah sekian lama bergumul dengan dimensi pengetahuan implisit ini.
- Dimensi kognitif : yaitu suatu keyakinan, persepsi, cita-cita, nilai, emosi dan model mental yang telah begitu mendarah daging pada diri seseorang, yang seolah merupakan faktor pemberian dan bawaan. Meskipun dimensi ini tidak mudah untuk diartikulasikan, namun secara pelan-pelan dan diam-diam dimensi ini membentuk cara atau gaya seseorang dalam memandang dunia di sekitarnya.
PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN DAN MENJADI WIRAUSAHAWAN MENURUT PARA AHLI
Konversi yang berasal dari dua jenis pengetahuan, seperti tertuang dalam skema di bawah ini:
Sosialisasi, yakni : konversi pengetahuan implisit ke implisit - yang merupakan berbagi pengalaman untuk menciptakan pengetahuan implisit, seperti terbentuknya model mental bersama dan keterampilan teknik. Dalam hal ini meliputi juga pengamatan, imitasi, dan praktek. Berbagi "pengalaman" adalah kunci dalam "transfer informasi" yang dapat diterima secara implisit di benak orang lain;
- Internalisasi, yakni : konversi pengetahuan eksplisit ke implisit – yang merupakan penyerapan pengetahuan eksplisit ke dalam pengetahuan implisit. Hal ini sering dikenal dengan istilah "learning by doing." Biasanya suatu pengetahuan diverbalisasikan atau digambarkan kedalam dokumen atau presentasi lisan.
- Eksternalisasi, yakni : konversi pengetahuan implisit ke eksplisit – yaitu suatu proses mengartikulasikan pengetahuan implisit ke dalam konsep eksplisit melalui metafora, analogi, konsep, hipotesis, atau model. Dalam hal ini seseorang mengekspresikan esensi dari pengetahuan ini edalam bahasa.
- Kombinasi, yakni : konversi dari pengetahuan eksplisit ke eksplisit – yaitu suatu proses mensistematisasikan konsep ke dalam sistem pengetahuan. Berupa pertukaran dan menggabungkan pengetahuan individu melalui media, dokumen, pertemuan, dan percakapan. Dalam hal ini dilakukan penggabungan dan kategorisasi suatu informasi
Fator lain yang perlu difahami oleh seorang pemimpin adalah berkenaan dengan keterampilan. Keterampilan atau skill (dalam bahasa Yunani techne) digunakan untuk menunjukkan keahlian yang dikembangkan melalui kursus-kursus atau pelatihan dan pengalaman lainnya. Kursus dan pelatihan ini tidak hanya mencakup bidang bisnis atau keterampilan dalam konotasi kerajinan semata, akan tetapi juga keterampilan dalam berbagai bidang yang menuntut kinerja bermutu tinggi seperti di bidang seni, game, dan atletik. Faktor umum di semua jenis keterampilan adalah bahwa para pelaku harus memiliki bekal keterampilan yang sesuai dengan tuntutan tugas.
Meskipun kepemimpinan merupakan faktor yang dapat dipelajari, namun pengetahuan dan keterampilan tadi dapat dipengaruhi oleh berbagai atribut budaya, seperti keyakinan, nilai-nilai, etika, dan karakter . Pengetahuan dan keterampilan akan memberikan kontribusi langsung kepada proses kepemimpinan, sedangkan atribut budaya akan membentuk karakter pemimpin yang membuat dirinya menjadi unik. Keyakinan adalah asumsi dasar yang menjadi pegangan seseorang bahwa suatu ide atau konsep layak diperjuangkan dan diwujudkan menjadi kenyataan. Suatu keyakinan berkaitan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang memandu tindakan individu dan kelompok. Biasanya orang yang cukup kuat memegang keyakinannya sering berani mengambil risiko, dari yang ringan (low risk) sampai ketingkat yang berat (high risk).
Dengan demikian, keyakinan dan nilai-nilai adalah kekuatan internal yang membimbing seseorang, sedangkan norma, baik formal maupun informal, adalah kekuatan eksternal yang membimbingnya. Pada gilirannya, pengetahuan dan kepterampilan sebagai faktor eksternal secara langsung akan mempengaruhi keyakinan dan nilai-nilai seseorang. Nilai merupakan salah satu komponen dari sikap yang membantu seseorang untuk menimbang dan menentukan bagaimana ia akan bertindak dan memilih berbagai alternatif. Suatu nilai organisasi cenderung dipengaruhi juga oleh nilai pemimpinnya. Para pemimpin berupaya bahwa dengan bertukar pikiran, debat dan berdiskusi, ritual bersama, pembelajaran sosial, pengakuan, dan hubungan kerja, berharap bahwa nilai-nilai mereka juga akan menjadi bagian dari nilai-nilai tim kerja. Istilah “etos” adalah roh (esprit d'corps), moral atau semangat kerja, yang akan memandu keyakinan suatu individu atau tim kerja yang merupakan nafas dari kepemimpinan.
Dalam merepresentasikan keunggulannya seorang pemimpin yang baik dan kuat perlu terlibat dalam keseluruhan proses kepemimpinan. Proses pertama untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah menjadi seorang yang terhormat dan berkarakter. Dalam hal ini karakter berkembang dari waktu ke waktu. Banyak orang berpikir bahwa sebagian besar karakter seseorang dibentuk sejak awal kehidupan. Namun, tidak seorangpun tahu persis bagaimana karakter awal seseorang berkembang, meskipun mungkin kita setuju untuk mengatakan bahwa karakter tidak dapat berubah dengan cepat. Diantara kalangan psikolog hal ini menjadi perdebatan panjang diantara kelompok kausalis determinisme (psikodinamika dari Sigmund Freud) dan humanisme (Abraham Maslow dkk.). Biasanya perilaku seseorang merupakan indikasi dari karakternya. Perilaku ini dapat menjadi kuat atau lemah, baik atau buruk, benar atau salah akan dinilai dari karakternya. Seseorang dengan karakter yang kuat menunjukkan dorongan, energi, tekad, disiplin diri, kemauan, dan mentalitas yang tangguh.
Seorang dengan karakter yang kuat akan menarik para pengikutnya, dan sebaliknya seseorang dengan karakter yang lemah akan menunjukkan sifat kebalikannya, ia cenderung permisif, tidak teratur, bimbang dan tidak konsisten, suatu sifat yang akan menjauhkan dirinya dari pengikut. Organisasi membutuhkan pemimpin dengan karakter yang kuat dan baik, yaitu para pemimpin yang akan membimbing masa depan para pengikutnya dan yang akan menunjukkan bahwa kepemimpinan mereka dapat dipercaya. Dengan demikian, untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif seseorang harus mendapat kepercayaan dari pengikutnya yang pada gilirannya para pengikut tersebut akan mengikuti pula visinya. Korn-Ferry International, adalah suatu organisasi bisnis yang bergerak di sektor jasa pencari dan penyedia tenaga eksekutif (head-hunters), dan organisasi tersebut telah mengadakan suatu survei mengenai apa yang diinginkan dari para pemimpin mereka. Kebanyakan para responden mengatakan bahwa mereka menginginkan pemimpin yang etik dan mampu menyampaikan visi yang tajam tentang masa depan. Dalam setiap organisasi, tindakan seorang pemimpin diharapkan mampu mengatur tempo percepatan laju organisasi. Perilaku demikian akan memenangkan kepercayaan, kesetiaan, dan menjamin vitalitas organisasi. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menunjukkan karakter yang baik yang mengekspresikan rasa keyakinan, nilai-nilai, keterampilan, dan sifat. Keyakinan adalah prinsip yang berakar mendalam di dalam diri seseorang. Yaitu suatu asumsi yang kita anggap benar mengenai orang lain, konsep, atau hal lain. Hal tersebut bisa berupa keyakinan tentang kehidupan, kematian, agama, tentang apa yang baik dan buruk, benar dan salah, tentang hakikat manusia dan lain sebagainya.
Sedangkan nilai adalah sikap mengenai harga diri, tentang orang lain,tentang ide atau konsep, atau hal lainnya. Misalnya penilaian kita tentang benda antik, rumah, persahabatan, kenyamanan pribadi, atau tentang kekerabatan. Sebagai contoh, seseorang mungkin akan menghargai teman lebih dari privasinya sendiri, sementara yang lain mungkin sebaliknya. Nilai memiliki kedudukan yang penting karena hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku seseorang untuk menimbang pentingnya alternatif. Adapun keterampilan adalah kemampaun untuk menimba pengalaman sepanjang hidup seseorang. Atau suatu kemampuan untuk belajar tentang keterampilan baru yang bervariasi dari masing-masing individu. Beberapa keterampilan datang hampir secara alami, sementara yang lain datang melengkapi pengalaman kita melalui proses belajar dan berlatih. Terakhir adalah sifat, yang merupakan atribut untuk membedakan kualitas atau karakteristik dari seseorang, sedangkan karakter adalah jumlah total dari sifat-sifat ini. Terdapat ratusan karakter kepribadian, yang tentunya menarik untuk menjadi pembahasan tersendiri, dan terlalu panjang untuk dibahas dalam paparan rubrik ini. Sebaliknya, kita hanya akan fokus pada beberapa ciri yang sangat penting bagi seorang pemimpin. Semakin banyak sifat baik yang ditampilkan oleh seorang pemimpin, maka ia akan semakin dipercaya dan diyakini oleh para pengikutnya.
Karakter/Sifat Seorang Pemimpin
Berikut ini adalah 10 (sepuluh) karakter yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin masa depan, yang acapkali diungkapkan oleh para pakar terkemuka dalam bidang kepemimpinan, yakni:
- Jujur - Menampilkan ketulusan dan integritas dalam semua tindakannya. Dalam hal ini perilaku manipulatif tidak akan menumbuhkan kepercayaan;
- Kompeten - Merupakan tindakan para pemimpin yang berbasis pada akalfikiran, sikap dan prinsip-prinsip moral. Atau tidak membuat keputusan berdasarkan keinginan, perasaan, atau faktor emosional lainnya yang bersifat terlalu subyektif;
- Berpandangan ke depan - Memiliki tujuan dan visi masa depan. Pemimpin yang efektif membayangkan (memiliki obsesi dan imajinasi) apa yang mereka inginkan dan bagaimana mendapatkannya. Mereka biasanya memilih prioritas yang berasal dari nilai-nilai dasar mereka. Suatu visi harus dimiliki oleh totalitas organisasi;
- Menginspirasi – mampu menunjukkan kredibilitas dan orijinalitas dalam segala hal yang ia lakukan. Menunjukkan keteladanan dan ketahanan dalam mental, fisik, dan stamina spiritual, yang dengan bekal kredibilitas ini seorang pemimpin akan mudah menginspirasi orang lain untuk meraih puncak prestasi baru, dan akan mempertaruhkan reputasinya bila diperlukan;
- Cerdas – Gemar dan rakus membaca, haus belajar, dan senantiasa mencari tugas yang menantang;
- Adil (fairness) - mampu menunjukkan perlakuan yang adil bagi semua orang. Menyadari bahwa prasangka adalah musuh keadilan.Bersikap empati dan peka terhadap perasaan, nilai-nilai, kepentingan, dan kesejahteraan orang lain;
- Berwawasan luas – Menyukai keragaman, kaya perspektif dan memiliki pandangan jauh kedepan;
- Berani - Memiliki ketekunan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi risiko atau rintangan yang berat. Selalu menampilkan ketenangan dan kepercayaan diri meski dalam kondisi stres;
- Lugas – Memiliki penilaian yang baik tentang berbagai persoalan, dan menggunakannya untuk membuat keputusan yang terbaik pada waktu yang tepat; dan
- Imajinatif – Mampu melakukan perubahan pada waktu yang tepat, dengan menggunakan pemikiran, rencana, dan metode yang tepat pula. Juga mampu menampilkan kreativitas dengan menciptakan tujuan baru yang lebih baik, sekaligus menemukan ide inovatif dan solusi atau resolusi baru untuk memecahkan masalah.
Disamping memiliki 10 ciri karakter diatas, seorang pemimpin paling tidak perlu mengembangkan tiga hal penting berikut ini, yakni:
Membangun suatu standar
Seorang pemimpin harus mampu membangun suatu kerangka etika dalam sebuah organisasi. Tentu saja hal ini menuntut komitmen untuk mempertahankan iklim dan budaya yang diinginkan untuk diserap oleh anggota organisasi. Sesuatu yang ditunjukkan dengan contoh keteladanan akan mudah diterapkan menjadi aturan, tidak seperti pengetahuan, perilaku etik akan dipelajari langsung melalui pengamatan ketimbang oleh pendengaran dari para pekerja. Dalam situasi kesibukan yang bergerak dengan cepat, adanya contoh yang langsung ditunjukkan didepan mata akan menjadi kepastian bagi para pekerja. Kemampuan menciptakan standar akan menumbuhkan kepercayaan dan keterbukaan kepada para pekerja yang pada gilirannya akan mendukung visi organisasi.
Memberikan dukungan dan mengembangkan
Seorang pemimpin perlu membantu para pekerja dalam hal pembelajaran, pelatihan, dan pembinaan. Sikap ini akan menciptakan iklim kerja yang kondusif bagi para pekerja untuk bekerja dan belajar. Dengan kata lain, seorang pemimpin jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengajar atau bahkan belajar tentang sesuatu yang baru. Kesediaan untuk memberikan pendampingan menunjukkan sikap kepedulian untuk terlibat dengan mendorong dan mengembangkan orang lain yang kurang berpengalaman. Para pekerja atau tim kerja yang dikembangkannya akan tahu bahwa mereka ikut mengambil risiko, belajar dengan membuat kesalahan, dan pada gilirannya menjadi pemenang pada momen terakhir.
I n t e g r a t o r
Seorang pemimpin mengatur berbagai kegiatan yang berlangsung di seluruh organisasi dengan memberikan pandangan tentang masa depan dan bagaimana mempersiapkan kemampuan untuk mendapatkannya. Suatu keberhasilan dapat dicapai bila ada kesatuan tekad dan usaha. Seorang integrator memiliki indra keenam atau intuisi untuk memprediksi di mana suatu masalah akan muncul, dengan demikian arti dari kehadiran mereka akan sangat dirasakan selama masa krisis berlangsung. Meskipun demikian para pemimpin tetap akan memberikan kepercayaan bahwa para pekerja atau tim kerja akan melakukan kontribusi terbaik, dan mampu melakukan pekerjaan dalam koridor visi organisasi.
Disamping itu, terdapat dua kekuatan yang akan menentukan bagaimana seorang pemimpin bertindak dalam sebuah organisasi, yaitu adanya faktor budaya dan iklim organisasi. Sebagaimana sering disinggung, bahwa setiap organisasi memiliki budaya sendiri yang khas. Budaya bisa merupakan kombinasi dari pandangan para pendiri, kepemimpinan masa lalu, kepemimpinan saat ini, tempaan krisis, peristiwa, sejarah, dan ukuran keberhasilan. Semuanya merupakan penjumlahan dari rutinitas, ritual, dan "semua tata-cara melakukan sesuatu." Ritus adalah pola perilaku normatif yang diharapkan berdampak pada apa yang diperlukan bagi performa yang baik dan mengarahkan perilaku yang tepat untuk setiap situasi. Sementara iklim kerja adalah warna organisasi, persepsi dan sikap bersama dari anggota organisasi. Adapun budaya adalah sifat yang berakar dalam organisasi yang merupakan kebiasaan formal dan informal, peraturan, tradisi, dan adat istiadat. Sedangkan iklim organisasi merupakan fenomena jangka pendek yang dibuat oleh kepemimpinan saat ini. Iklim organisasi merupakan keyakinan tentang "warna organisasi" yang dipandang oleh para anggotanya. Merupakan persepsi terhadap organisasi yang berasal dari kegiatan yang terjadi dalam organisasi.
Kegiatan ini akan mempengaruhi baik terhadap motivasi individu maupun tim kerja. Iklim organisasi juga berhubungan dengan kepemimpinan atau gaya kepemimpinan, yakni berupa nilai-nilai, atribut, keterampilan, dan tindakan, serta prioritas yang dibuat oleh seorang pemimpin. Begitu juga dengan "iklim etika" sebagai nuansa organisasi tentang kegiatan yang memiliki muatan etik atau aspek-aspek lingkungan kerja yang berpengaruh pada perilaku etik. Iklim etika adalah perasaan para pekerja tentang perilaku yang benar atau salah, baik atau buruk dalam bekerja, atau tentang bagaimana bersikap dan berperilaku dengan cara yang seharusnya, dalam hal ini perilaku atau karakter seorang pemimpin adalah faktor yang paling penting yang dapat mempengaruhi iklim kerja dalam organisasi. Di sisi yang lain, budaya lebih memiliki perspektif jangka panjang sebagai suatu fenomena yang kompleks. Budaya merupakan harapan bersama dan citra diri organisasi. Suatu nilai kedewasan (wisdom) yang menciptakan tradisi atau "cara kita melakukan sesuatu di tempat kerja." Hal demikian dilakukan secara berbeda oleh setiap organisasi. Suatu institusi adalah cerminan budaya, demikian pula seorang pemimpin secara individual tidak mudah untuk membuat atau mengubah budaya, karena budaya merupakan bagian dari organisasi yang sudah berakar. Karenanya tugas pemimpin adalah bagaimana memainkan peran kepemimpinannya dalam memelihara budaya organisasi dengan menciptakan iklim organisasi yang kondusif bagi pertumbuhan budaya organisasi yang baik.
Dengan demikian peran yang dimainkan oleh seorang pemimpin adalah serangkaian perilaku yang diharapkan muncul dalam pekerjaan. Setiap peran memiliki seperangkat tugas, wewenang dan tanggung jawab. Peran memiliki dampak yang kuat terhadap perilaku karena beberapa alasan, diantaranya adalah adanya aspek prestise yang melekat pada peran, disamping adanya rasa kebanggaan baik tentang prestasi maupun kemampuan dalam mengatasi tantangan. Suatu hubungan dan interaksi dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh tugas dan peran tersebut. Meskipun beberapa tugas dilakukan secara tersendiri, akan tetapi sebagian besar tugas dilakukan dalam hubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Sementara tugas akan menentukan siapa pemegang peran yang akan memainkannya. Dengan demikin berbagai tugas dan perilaku yang berkaitan dengan peran akan ditentukan oleh pola hubungan dan interaksi dalam organisasi. Artinya, tugas dan perilaku baru yang diharapkan saat ini akan bergantung pada sejauh mana hubungan yang telah dijalin dan dikembangkan di masa lalu, baik oleh pemegang peran sebelumnya atau oleh pemegang peran sesudahnya. Dari kesinambungan peran inilah suatu iklim organisasi akan tercipta, yang pada gilirannya berkontribusi pada pembentukkan budaya organisasi.
Las but not least, sebagai seorang pemimpin, kita perlu memiliki pemahaman yang jujur tentang siapa diri kita , apa yang kita ketahui atau tidak , dan apa yang dapat kita lakukan. Disamping itu partisipasi para pekerja adalah hal yang akan menentukan apakah seorang pemimpin dianggap berhasil atau tidak. Jika mereka merasa percaya terhadap para pemimpin mereka sebagai sosok kredibel yang memiliki 10 ciri karakter diatas, maka dengan sendirinya para pekerja akan bekerja dengan penuh semangat. Dengan demikian untuk menjadi pemimpin yang sukses, kita harus meyakinkan pengikut kita, bukan hanya terhadap diri sendiri atau atasan saja , untuk merebut kepercayaan dari para bawahan kita, sehingga kita dianggap layak untuk diikuti oleh mereka. Pendek kata, kepercayaan dan keyakinan dalam kepemimpinan adalah prediktor yang paling dapat diandalkan untuk menjamin kepuasan para pekerja dalam suatu organisasi. Apalagi jika hal tersebut ditunjang oleh komunikasi yang efektif oleh seorang pemimpin di tiga faktor penting, yaitu: pertama, membantu para pekerja memahami strategi organisasi bisnis secara keseluruhan. Kedua, membantu para pekerja untuk memahami bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan utama organisasi bisnis. Dan terakhir, berbagi informasi atau pengetahuan (share knowledge) dengan para pekerja, terutama tentang apa yang tengah dilakukan oleh organisasi bisnis, dan apa yang tengah dilakukan oleh para pekerja sendiri, sejalan dengan strategi dan tujuan organisasi bisnis yang akan dicapai.
Fungsi/Manfaat Kepemimpinan
- Pemimpin sebagai eksekutif ( executive Leader) Sering kali disebut sebagai administrator atau manajer. Fungsinya adalah menerjemahkan kebijaksanaan menjadi suatu kegiatan, dia memempin dan mengawasi tindakan orang-orang yang menjadi bawahannya. Dan membuat keputusan-keputusan yang kemudian memerintahkannya untuk dilaksanakan. Kepemimpinan ini banyak ditemukan didalam masyarakat dan biasanya bersifat kepemerintahan, mulai dari pusat sampai ke daerah-daerah memerlukkan fungsi tersebut.
- Pemimpin sebagai penengah Dalam masyarakat modern, tanggung jawab keadilan terletak di tangan pemimpin dengan keahliaanya yang khas dan ditunjuk secara khusus. Ini dikenal dengan pengadilan. Dan bidang lainnya, umpamanya dalam bidang olahraga, terdapat wasit yang mempunyai tugas sebagai wasit.
- Pemimpin sebagai penganjur Sebagai propagandis, sebagai juru bicara, atau sebagai pengarah opini merupakkan orang-orang penting dalam masyarakat. Mereka bergerak dalam bidang komunikasi dan publistik yang menguasai ilmu komunikasi. Penganjur adalah sejenis pemimpin yang memberi inspirasi kepada orang lain. Seringkali ia merupakkan orang yang pandai bergaul dan fasih berbicara.
- Pemimpin sebagai ahli Pemimpin sebagai ahli dapat dianalogikan sebagai instruktur atau seorang juru penerang, berada dalam posisi yang khusus dalam hubungannya dengan unit sosial dimana dia bekerja. Kepemimpinannya hanya berdasarkan fakta dan hanya pada bidang dimana terdapat fakta. Termasuk dalam kategori ini adalah guru, petugas sosial, dosen, dokter, ahli hukum, dan sebagainya yang mencapai dan memelihara pengaruhnya karena mereka mempunyai pengetahuan untuk diberikkan kepada orang lain
- Pemimpin diskusi Tipe pemimpin yang seperti ini dapat dijumpai dalam lingkungan kepemimpinan yang demokratis dimana komunikasi memegang peranan yang sangat penting. Seseorang yang secara lengkap memenuhi kriteria kepemimpinan demokratis ialah orang yang menerima peranannya sebagai pemimpin diskusi.
SUMBER ARTIKEL;
0 Response to "PENGERTIAN KEPEMIMPINAN DAN KARAKTER SEORANG PEMIMPIN"
Post a Comment