hasil wawancara

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : An (munawir)

Jenis Usaha : Menjual Pakaian Lelong

Tempat Usaha : Kota Baru

Hari/tanggal : Jumat/24-0902010

Waktu : 10.20 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : sekarang ni alhamdulillah buka usaha lelong

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : _+ 20.000.000 itu hanya untuk modal pakaian, sedangkan untuk penyewaan bangunan pertahunnya Rp 15.000.000

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : sebenarnya sudah lama saya buka usaha ini, namun itu usaha masih dikelola bersama keluarga yang lain. Sedangkan yang di Kota Baru ini baru berjalan _+ 3 tahun. Untuk yang di Kota Baru usaha bersama juga, namun saya sendiri yang mengelolanya.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : di Kota Baru, didekat jalan Morodadi

Peneliti : Berapa jumlah karyawan anda?

Informan : karyaman sih ga ade, soalnya itu termasuk juga usaha keluarga. Jadi yang jaga bersama keluarga juga.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : alhamdullilah ade perkembangannya. Seperti penambahan barang, serta keuntungan yang lumayan.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : ya sudah, sekitar 3 tahun yang lalu saya promosikan kepade kawan-kawan kalau saya ade buka usaha lelong di Kota baru.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami berkembang saat ini?

Informan : alhamdullilah, ade respon dari kawan-kawan untuk datang ketempat jualan saye. Tetapi biasenye usaha kan kadang-kadang turun dan kadang-kadang naik, dikarenakan manusia tidak setiap hari membeli pakaian.

Peneliti : Jika belum, mengapa anda tidak menggunakan strategi promosi?

Informan : -

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : manfaanya yaitu mengenalkan usaha kita kepada masyarakat, sedikit demi sedikit lama-kelamaan akan menjadi banyak. Seperti satu orang memberikan lagi informasi ini kepada ke kawan yang tidak kite kenal.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Infoman : ya ade, seperti yang tadi tuh. Menawarkan kepada kawan atau membawa mereka langsung ketempat kita jualan.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Infoman : Alhamdulillah banyak kawan-kawan merespon baik, malahan ade kawan tuh yang mengajak langsung ketempat saya jualan.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Infoman : sepertinya masalah tempat. Untuk sementara ini saya hanya mempromosikan dengan metode ini hanya daerah kampus STAIN ini, itupun belum menjangkau semua mahasiswa.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Infoman : ya untuk sementara ini, saya mencoba untuk melakukan promosi ke jurusan yang lain.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Infoman : pertama kali saya mempromosikan ini pada waktu saya masih SMP di Pemangkat.

Mass Selling

Peneliti :Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha anda?

Infoman : sepertinye tidak pernah mempromosikan dengan metode ini.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Mass selling?

Infoman : sepertinya ga' perlu lah, dikarenakan barang lelong ini kan sudah terkenal dikalangan masyarakat. Dan masyarakat pun sangat pintar memilih barang-barang lelong, jika mereka menemukan yang mereka cari ditempat kita jualan, mereka pasti akan dating lagi.

Sales Promotion

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion dalam mempromosikan usaha anda?

Infoman : ya pernah, sejenis pameran. Pernah juga kita memberikan diskon bagi yang membeli diatas Rp 100.000

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan Sales Promotion?

Infoman : pada waktu pameran, banyak masyarakat bertanya dimana anda jualan soalnya bagos-bagos barangnya. Sejak itu mereka sering membeli lelong di tempat kami jualan. Pada waktu mengadakan diskon, konsumen pada berlomba-lomba untuk mendapatkan diskon, sehingga stoks barang pada waktu itu hamper habis.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Sales Promotion?

Infoman : kemaren tu hanya stok barang saja yang kurang.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Infoman : kemaren kami berusaha untuk mencari barang di agen-agen lelong yang lain.

Peneliti : Kapan anda menggunakan Sales Promotion?

Infoman : waktu saya masih SMP, pada saat ade perlombaan sampan di Sambas.

Direct Marketing

Peneliti : Apakah anda menggunakan Direct Marketing dalam mempromosikan usaha anda?

Infoman : Tidak pernah

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Direct Marketing?

Infoman : untuk melakukan metode ini, saya pikir tidak lah perlu. Mungkin itu untuk pengusaha-pengusaha yang besar.

Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan Public Relation dalam mempromosikan usaha anda?

Infoman : tidak juga

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan direct marketing?

Infoman : saya rasa cukup dengan 2 metode saja personal selling dan sales promotion

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : Iq (abdullah)

Jenis usaha : jasa pengetikan

Tempat Usaha : dirumah (punggur)

Hari/tanggal : selasa/28-09-2010

Waktu : 10.00 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : menerima ketikan makalah atau tugas-tugaas yang lain bang.

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : yang namanya pengetikan menggunakan komputer, kebetulan saya memiliki komputer jadi saya hanya bermodal kertas dan tintanya saja bang. Kirakira Rp 50.000

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : kire-kire sudah 3tahun.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : ya bukanya dirumah bang.

Peneliti : apa anda memiliki partner / karyawan?

Informan : tidak ade bang, jalankan sendiri j.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : alhamdulillah ade lah untuk uang jajan.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : ya bang, menawarkan langsung kepada teman-teman.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami perkembangan saat ini?

Informan : alhamdulillah sudah ade yang menjadi langganan tetap bang.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : bagi kite sih, manfaatnya selain dapat mengenalkan usaha saya kepada orang lain juga dapat menambahkan pendapatan kite.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : ya bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : alhamdulillah, masih banyak mahasiswa yang mungkin sibuk jam kerja ataupun malas untuk mengetik jadi masih banyak yang minta ketikkan tugas-tugasnya.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : mungkin jangkauan ya belum luas, masih baru kawasan syariah aja.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Informan : masih berusaha untuk berkenalan dengan mahasiswa jurusan lain, dan akan menawarkan kepada mereka.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : kapan aja bisa lah bang.

Mass Selling, Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling, Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : belum pernah mencobanya.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Mass selling, Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation?

Informan : jalani aj yang pertama dulu bang, kalo udah mantap baru mencoba yang lain.

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : Aw (eka)

Jenis usaha : jual boneka-boneka

Tempat Usaha : counter berjalan

Hari/tanggal : selasa/28-09-2010

Waktu : 10.00 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : menjual boneka-boneka bang.

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : pertama sekali modalnya hanya Rp 300.000

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : baru 3 bulan bang.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : tidak ada tempat bang, saya hanya keliling menawarkan kepada teman-teman.

Peneliti : apa anda memiliki partner / karyawan?

Informan : ada bang, adx saya sendiri

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : alhamdulillah sekarang ini sudah banyak yang memesan bonekanya.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : ya bang, menawarkan dan menjelaskan produk kite bang.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami berkembang saat ini?

Informan : alhamdulillah berkat kerja keras juga bang.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : yang pastinya mengenalkan usaha kita kepada teman-teman maupun masyarakat yang lain.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : ya bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : ya semakin banyak yang memesan boneka, karena bonekanya bagos-bagos.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : hambatannya sulit untuk menyakinkan kepada konsumen. Karena saya agak gugup menjelaskan.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Informan : saya berusaha trus bang. Belajar sendiri didepan cermin, supaya saya semakin nyaman menjelaskan kepada konsumen.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : setiap saat saya menawarkan boneka kepada konsumen bang.

Mass Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : belum pernah mencobanya bang.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Mass selling?

Informan : mungkin akan saya coba bang, karena saya baru 3 bulan mempunyai usaha ini.

Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak juga bang, ga' ngerti cara nya bang.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation?

Informan : itu tadi bang, ga ngerti cara kerjanya bang..

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan :It (Jauhari)

Jenis usaha : memberikan kredit

Tempat Usaha :

Hari/tanggal : jumat/28-09-2010

Waktu : 11.00 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : menawarkan kredit bang, berbagai macam barang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : pada waktu itu hanya Rp 700.000

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : sejak saya masih dibangku SMA kelas 2.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : saya buka dirumah bang.

Peneliti : apakah anda mempunyai karyawan?

Informan : Alhamdulillah ade bang.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : Alhamdulillah berjalan sesuai dengan rencana.

Peneliti : apa ada hambatan anda dalam menjalankan usaha ini?

Informan : ya bang, hambatan…saingan saya yang banyak didaerah. Untuk meningkatkan pengkreditan saya hanya melakukan pengurangan keuntungan dari kredit tersebut. Sekarang ini yang menjadi hambatan usaha saya yaitu kurang modal, dan rencanya saya akan mengajukan ke bank-bank syariah.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : ya bang, waktu pertama kali buka usaha ini saya langsung mempromosikan kepada tetangga saya dulu.

Peneliti : Jika sudah, apakah promosi anda telah sesuai dengan yang anda rencanakan?

Informan : ya bisa dikatakan berhasillah.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : mengenalkan usaha kita kepada orang lain agar lebih luas lagi.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : ya bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal

selling?

Informan : banyak masyarakat merespon nya bang, malahan ada yang langsung memesan barang.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : sepertinya belum ada, namun yang namanya usaha pasti ada hambatan atau halangannya ye bang. Mudah-mudahan aja tidak tidak terlalu rumit.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : saya menggunakannya hampir setiap saat, seperti pas ada lagi acara di rumah atau pas lagi diskusi masyarakat. Tetapi ga pas diskusinya lah bang.

Mass Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : ya bang, pernah saya mencoba mengiklankan di stasiun radio.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan Mass selling?

Informan : Alhamdulillah semakin banyak masyarakat yang mengetahui usaha saya ini.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Mass selling?

Informan : sepertinya ga ada bang, karena yang mengurus waktu itu paman saya.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Informan : -

Peneliti : Kapan anda menggunakan Mass selling?

Informan : pada waktu saya masih SMA kelas 3.

Sales Promotion

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : sepertinya pernah bang, saya melakukan pelantikan dan kerja sama dengan koperasi.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan Sales Promotion?

Informan : pada saat itu saya hanya mengenalkan pengkreditan dengan tamu-tamu, serta menjelaskan cara pembelian barang.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Sales Promotion?

Informan : hambatan pada saat itu modal.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Informan : mencoba cari pinjaman ke koperasi.

Peneliti : Kapan anda menggunakan Sales Promotion?

Informan : masih di SMA juga bang, kelas 3, semester 2 ye.

Direct Marketing

Peneliti : Apakah anda menggunakan public relation dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : sepertinya tidak pernah bang.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan public relation?

Informan : belum mengerti cara penggunaannya bang.

Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan direct marketing dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : juga tidak pernah.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan direct marketing?

Informan : sama bang, tidak tau cara kerjanya

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : Ip (andi)

Jenis usaha : jual pulsa

Tempat Usaha :

Hari/tanggal : jumat/26-09-2010

Waktu : 09.30 Wib

C. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : jual pulsa

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : deposit awal hanya Rp 100.000, sedangkan HP saya memang udah punya bang.

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : tahun 2008, bulan maret.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : saya menggunakan sistem kounter berjalan bang, seperti dikampus.

Peneliti : apakah anda memiliki karyawan?

Informan : tidak punya bang

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : Alhamdulillah bang, kini saya bisa berdiposit Rp 400.000.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : iya bang.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami berkembang setelah melakukan promosi?

Informan : ya alhamdulillah bang, sekarang konsumen saya semakin bertambah.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : mengenalkan usaha kita kepada calon konsumen.

D. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

1. Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : ya bang, saya secara langsung menawarkan pulsa kepada kawan-kawan. Kalo tada' digitukan mane bise kite dapat konsumen yang banyak.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : semakin hari, semakin bertambah langgananya

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : mungkin keterlambatan menjual pulsa, jadi banyak juga kawan yang telah berlangganan dengan teman yang lain.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Informan : ya saya memberikan kemudahan kepada mereka, jika lagi dirumah mereka ingin membeli pulsa maka mereka tinggal menSMS saya.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : sejak saya menjual pulsa bang.

2. Mass Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha anda?

Informan :

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan Mass selling?

Informan :

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Mass selling?

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Mass selling?

Informan :

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Informan :

Peneliti : Kapan anda menggunakan Mass selling?

3. Sales Promotion

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion dalam mempromosikan usaha anda?

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan Sales Promotion?

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Sales Promotion?

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Sales Promotion?

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Peneliti : Kapan anda menggunakan Sales Promotion?

4. Direct Marketing

Peneliti : Apakah anda menggunakan public relation dalam mempromosikan usaha anda?

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan public relation?

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan public relation?

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan public relation?

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Peneliti : Kapan anda menggunakan public relation?

5. Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan direct marketing dalam mempromosikan usaha anda?

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan direct marketing?

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan direct marketing?

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan direct marketing?

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Peneliti : Kapan anda menggunakan direct marketing?

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : Af (wagiati)

Jenis Usaha : Menerima Jahitan

Alamat Usaha : Jl. Perintis

Hari/tanggal : senin, 27-09-2010

Waktu : 10.00 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : saat ini saya sedang membuka usaha jahitan bang.

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : modal awal saya hanya membeli mesin jahit, benang serta jarum jahit. Kira-kira Rp 500.000 lah.

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : setelah saya tamat dari sma bang, kebetulan saya sekolah di SMK bagian busana.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : dirumah aja.

Peneliti : apakah anda memiliki karyawan?

Informan : tidak ade abang, justru saya bekerja dengan orang juga.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : Alhamdulillah, cukuplah untuk kebutuhan kuliah.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : mungkin ade bang, untuk secara pribadi sih belum ade, namun secara tidak sadar kalau jahitan saya sudah lumayan banyak yang kenal. Mungkin dari muut kemulut.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami berkembang saat ini?

Informan : Alhamdulillah, ade pertambahan langganan bang.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : mengenalkan lebih luas lagi usaha kepada masyarakat.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

6. Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : sepertinya saya mengunakan metode personal selling, menginformasikan kepada teman, kemudian dipromosikan kepada teman-teman mereka.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : lumayan lah, dapat menambah langganan baru.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : perinformasiannya seperti agak lama, sehingga butuh waktu yang lama untuk menjadi langganan bang.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Informan : saya tidak sempat bang untuk melakukan tindakan bang, karena bentrokan dengan pekerjaan saya yang lain.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : ya pas lagi waktu nganggur ajalah, seperti lagi ngumpul ma temen-temen.

7. Mass Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha

Informan : tidak ade bang

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Mass selling?

Informan : untuk sementara saya belum ade untuk mempromosikan lebih jauh lagi, takut ntar kebanyakan orang yang mau jahit, dan saya tidak dapt mengerjakannya Karena berbentrokan dengan pekerjaan saya yang lain.

8. Sales Promotion

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak ade juga bang

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Sales Promotion?

Informan : sama seperti yang tadi bang.

9. Direct Marketing dan Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan public relation dan direct marketing dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak juga bang.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan public relationdan direct marketing?

Informan : hehehe…..same juga bang dengan alasan yang tadi.

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : Im

Jenis usaha : Dagang Pakaian

Tempat Usaha : pasar flamboyan pontianak

Hari/tanggal : jumat/24-0902010

Waktu : 11.00 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : saya berdagang pakaian

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : modal awal sekitar Rp 1.000.000

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : awalnya usaha ini orang tua yang mendirikannya sudah 20 tahunan, kemudian orang tua memberikan kepercayaan kepada saya untuk membuka usaha ini di pasar Flamboyan. Kira-kira sudah 4 tahunan lah saya jalani.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : dipasar Flamboyan Pontianak bang.

Peneliti : apakah anda memiliki karyawan?

Informan : ya, sekarang sudah ada 2 yang ikut kerja dengan saya bang.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : alhamdulillah lebih meningkat dari tahun kemaren bang.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : untuk mengenalkan lebih luas lagi usaha kita, promosi sangat penting bang.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami berkembang saat ini?

Informan : alhamdulillah bang, semakin banyak orang yang berbelanja ketempat kita.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : jelas sekali untuk mengenalkan usaha atau dagangan kita kepada konsumen.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

10. Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : ya sepertinya personal selling yang paling sering saya pake bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : alhamdulillah respon mereka baik, dan banyak juga berlangganan dengan toko kita.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : belum ada bang. Mudah-mudahan tidak pernah.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : kapan saja, seperti waktu lagi ngumpul-ngumpul dengan kawan diluar maupun dikampus.

11. Mass Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : pernah juga bang, memasang baliho didepan toko.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan Mass selling?

Informan : untuk cara yang ini, sepertinya masih kurang menarik pelanggan baru bang.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Mass selling?

Informan : kurangnya daya beli masyarakat.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Informan : belum ada tindakannya.

Peneliti : Kapan anda menggunakan Mass selling?

Informan : pada tahun 2008, bulan Agustus bang.

12. Sales Promotion

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion dalam mempromosikan usaha?

Informan : tidak pernah

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Sales Promotion?

Informan : kurang mengerti sistemnya bang.

13. Direct Marketing

Peneliti : Apakah anda menggunakan direct marketing dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : sepertinya iya, zaman sekarang kan sudah bisa mempromosikan melalui facebook bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan direct marketing?

Informan : alhamdulillah, ada juga merespon dengan baik.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan direct marketing?

Informan : mungkin karena didunia maya, dan banyak juga teman yang diluar kota, jadi sulit terjangkau oleh saya.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi hambatan tersebut?

Informan : belum ade bang, ya mungkin menunggu mereka maen ke Pontianak saja.

Peneliti : Kapan anda menggunakan direct marketing?

Informan : bulan januari kemaren bang.

5. Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan public relation dalam mempromosikan usaha?

Informan : tidak pernah bang.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan public relation?

Informan : sistemnye masih belum paham bang.

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Nama : An

Jenis usaha : jualan buku

Tempat Usaha : dikampus

Hari/Tanggal : Sabtu/25-09-2010

Waktu : 08.00 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : saya sedang berjualan buku-buku yang berkaitan dengan perkuliahan, tentang agama, cerita-cerita Islami, dll.

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : untuk masalah modal, saya tidak mengeluarkan modal. Buku-buku yang saya jual ini milik paman saya yang membuka toko buku, jadi saya hanya menawarkan kepada kawan-kawan dikampus.

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : sejak saya semester I, pertengahannya lah gitu.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : saya tidak memiliki tempat untuk berjualan, jadi saya berkeliling menawarkan kepada teman-teman.

Peneliti : apakah anda memiliki karyawan?

Informan : tidak ada bang.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : alhamdulillah, perlahan tapi pasti.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : ya, saya hanya mempromosikan kepada kawan-kawan dicampus.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami berkembang saat

ini?

Informan : alhamdulillah, cukuplah untuk uang jajan

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : promosikan agar kawan-kawan tahu kalo kita menjual buku, jadi manfaatnya setelah mereka tahu, mereka membeli buku dengan saya.

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : iya bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : alhamdulillah. Sedikit demi sedikit kawan-kawan yang lain pada membeli buku dengan saya bang.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : sepertinya malu lah bang, karena tidak setiap mahasiswa setelah ditawarkan itu membelinya.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Informan : menanamkan dalam hati kalo saya bisa.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : setiap saya berada dikampus bang. Misalkan lagi nyantai, sambil-sambil deh saya menawarkannya kepada kawan yang dikenal maupun tidak dikenal.

Mass Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : ya bang, pernah saya mencoba untuk memasang pamplet di mading Jurusan Syariah.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan mass selling?

Informan : alhamdulliah, lebih memudahkan dalam memprompsikan kepada mahasiswa yang lain. Sehingga kemaren ada beberapa mahasiswa menelpon saya untuk menyakan buku yang ingin merka pesan.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan Mass

Informan : sepertinya belum ada. Untuk memasangnya kan gratis bang.

Sales Promotion

Peneliti : Apakah anda menggunakan Sales Promotion dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak pernah bang

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Sales Promotion?

Informan : Karena usaha yang saya jalani termasuk usaha kecil kebawah lah, jadi belum bisa menggunakan sales promotion.

Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan public relation dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak pernah bang

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan public relation?

Informan : saya masih belum mengerti pelaksanaannya

Direct Marketing

Peneliti : Apakah anda menggunakan direct marketing dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak juga bang

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan direct marketing?

Informan : sepertinya terlalu ribet bang, saya pun baru tahu juga ni.

HASIL WAWANCARA DENGAN INFORMAN

Informan : Ap (nurhayati)

Jenis usaha : menerima jahitan

Tempat Usaha : dirumah

Hari/tanggal : Rabu/29-09-2010

Waktu : 08.30 Wib

A. Bagaimana penerapan strategi promosi pada usaha anda?

Peneliti : Usaha apa yang sekarang anda jalankan?

Informan : menerima jahitan.

Peneliti : Berapa modal awal anda untuk membuka usaha ini?

Informan : modal yang paling utama sih mesin jahit bang, karena saya memang udah punya, jadi ga' perlu beli lagi hanya membeli benang dan jarum bang aja lagi.

Peneliti : Sejak kapan anda memiliki usaha tersebut?

Informan : sejak saya semester 2 bang.

Peneliti : Dimana lokasi usaha anda?

Informan : bukanya dirumah bang.

Peneliti : apa anda memiliki partner / karyawan?

Informan : tidak ade bang, kerja sendiri aja.

Peneliti : Bagaimana perkembangan usaha anda?

Informan : alhamdulillah ade lah untuk uang jajan.

Peneliti : Apakah anda melakukan promosi dalam usaha?

Informan : ya bang, menawarkan kepada kawan-kawan jika ingin menjahit dengan saya aja.

Peneliti : Jika sudah, apakah usaha anda mengalami perkembangan saat ini?

Informan : alhamdulillah ade, walaupun sedikit karena pekerjaan ini baru sekedar iseng bang.

Peneliti : Apakah manfaat promosi bagi anda?

Informan : manfaatnya menambahkan langganan..

B. Bagaimanakah penerapan bauran promosi pada usaha anda?

Personal Selling

Peneliti : Apakah anda menggunakan personal selling dalam melaksanakan promosi usaha anda?

Informan : ade bang.

Peneliti : Jika iya, bagaimana perkembangan setelah menggunakan personal selling?

Informan : alhamdulillah, ade lah menambah langganan saya.

Peneliti : Apa saja hambatan anda pada saat menggunakan personal selling?

Informan : untuk mempromosikan sih ga ada hambatannya, itulah tadi karna hanya sekedar iseng jadi saya tidak maksimal mempromosikannya.

Peneliti : Bagaimana cara anda mengatasi masalah tersebut?

Informan : beluma ade tindakan.

Peneliti : Kapan anda menggunakan personal selling?

Informan : pas lagi mau, atau udah beberapa hari ga ade yang minta jahit, maka saya mencoba menawarkan kepada tetangga atau pun kawan-kawan dikampus.

Mass Selling, Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation

Peneliti : Apakah anda menggunakan Mass selling, Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation dalam mempromosikan usaha anda?

Informan : tidak pernah.

Peneliti : Jika tidak, mengapa anda tidak menggunakan Mass selling, Sales Promotion, Direct Marketing dan Public Relation?

Informan : mungkin belum aja bang, karena saat ini saya sedang kerja dengan orang lain.

0 Response to "hasil wawancara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel