RESUME MATERI XII MEDIA PLANNING ; KOMUNIKASI PEMASARAN

A. DEFINISI PERENCANAAN MEDIA   
            Perencanaan media merupakan kegiatan yang sangat penting dalam periklanan dan promosi.sering kali terjadi iklan dan promosi menjadi kegiatan penghamburan dana namun tidak memberikan hasil yang diharapkan.perencanaan media yang dipersiapkan secara baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian lebih besar dari audiens sasaran.[1]
            Menurut Georgen dan Michael Belch (2001),perencaan media ( media planning ) adalah the series of decision involved in delivering the promotional messange to the prospective and  or of the product or brand.(serangkaian keputusan yang terlibat dalam menyampaikan pesan promosi kepada calon pembeli dan atau pengguna produk atau merek).
            Perencanaan menjadi penting untuk memperoleh efisiensi dan efektivitas kegiatan. Perencanaan juga dapat memperkirakan hasil suatu kegiatan. Khusus dalam bidang periklanan, perencanan akan membantu mengarahkan kegiatan sehingga diperoleh efisiensi dan efektifitas yang diharapkan. Perencanaan periklanan juga menjadi pengarah akan tindakan yang dilakukan. Karena dalam perencanaan telah ditentukan langkah-langkah yang dilakukan. Langkah pertama mengarahkan langkah ke dua dan seterusnya.

B. STRATEGI PEMILIHAN MEDIA
BAGAN PERENCANAAN MEDIA

Perencanaan media memerlukan keterangan penting dari klien, seperti:
  1. Market profile
  2. Competitor media strategy
  3. Target market profile
  4. Media objectives
  5. Budget
            Media plan adalah satu dokumen yang menguraikan secara singkat bagaimana satu anggaran belanja media klien akan dibelanjakan. Sementara media objectives meliputi:
  1. Who – siapa target pasar produk?
  2. What – apa pesan yang ingin disampaikan?
  3. Where – dimana tempat /pasar yang menjadi prioritas?
  4. When – kapan waktu yang tepat untuk beriklan?
  5. How – seberapa banyak, seberapa sering dan berapa lama beriklan?
Ada 3 faktor yang menentukan keputusan dalam pemilihan media, yaitu:
  1. Type of media – misalnya menggunakan media TV atau media cetak majalah?
  2. Class of media – misalnya bisa menggunakan media khusus olah raga atau menggunakan distribusi jaringan tertentu (network)?
  3. Specific medium – misalnya menggunakan majalah khusus olahraga bergambar atau jaringan TV iklan?[2]
C. KONSEP PERENCANAAN MEDIA UNTUK KOMUNIKASI PEMASARAN
            Perencanaan media diarahkan untuk membantu kita mengerti mengapa beberapa media dipilih atau beberapa lainnya tidak dan bagaimana media tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
            Perencanaan media yang tepat dimaksudkan untuk mencapai sasaran komunikasi secara maksimal dengan biaya yang minimum. Penggunaan media harus sesuai dengan kebutuhan kreatif iklan yang bersangkutan mengenai copy iklan, gambar, dll.[3]
            Tiga Langkah yang perlu di lakukan untuk membuat konsep perencanaan media untuk komunikasi pemasaran yaitu
Langkah 1:
MENENTUKAN AUDIENS SASARAN
Pertanyaan penting yang harus dijawab pada tahap penentuan audiens sasaran ini adalah:
  • Siapa yang menjadi audiens sasaran atau target audiens?
  • Dimanakah target audiens berada?
  • Berapa besar target audiens?
  • Berapa banyak tingkat konsumsi target audiens?
  • Bagaimanakah kinerja merek bersangkutan antara satu wilayah pemasaran dengan wilayah pemasaran lainnya?
Langkah 2:
MENENTUKAN TUJUAN MEDIA
Pertanyaan penting yang harus dijawab terkait dengan penentuan tujuan media ini adalah:
  • Seberapa besar jangkauan (reach) pesan dan target jangkauan (targeted reach) pesan yang diingankan?
  • Berapa banyak frekuensi pesan dan frekuensi efektif pesan yang akan disampaikan?
  • Bagaimana menentukan distribusi frekuensi yang bisa diterima?
  • Berapa bobot yang dapat diberikan pada suatu kendaraan media ( GRP,TGRP ) ?
  • Haruskah setiap wilayah pemasaran memiliki bobot media yang sama?
LANGKAH 3:
MENENTUKAN STRATEGI MEDIA
Pertanyaan yang harus dijawab pada tahap ini adalah:
  • Media apa yang harus digunakan dan berapa banyak?
  • Bagaimana pembagian antara penggunaan media satu arah dan media dua arah?
  • Bagaimana proses pembelian oleh target konsumen?
  • Kapan waktu terbaik menjangkau konsumen dan prospek?
  • Bagaimana konsentrasi media diperlukan dalam bauran media?
  • Bagaimana melakukan penjadwalan media?
  • Media apa yang paling tepat dari aspek kreatif?
  • Lingkungan media seperti apa yang paling sesuai dengan citra produk?
  • Bagaimana dengan perhitungan biaya iklan?[4]

[1] https://veldaardia.wordpress.com/2014/09/23/media-planner/
[2] https://web7crawler.wordpress.com/2014/04/21/apa-itu-media-planning/
[3] https://veldaardia.wordpress.com/2014/09/23/media-planner/
[4] https://web7crawler.wordpress.com/2014/04/21/apa-itu-media-planning/

0 Response to "RESUME MATERI XII MEDIA PLANNING ; KOMUNIKASI PEMASARAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel