METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DAN MUDAH DILAKUKAN

Semangat pagi...  Ibu dan Bapak Guru....

Guru Meyenangkan
       Profesi Guru adalah profesi yang membutuhkan keahlian, ungkapan ini sangat benar. Secara tradisional guru adalah seorang yang berdiri didepan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Siapa yang setuju dengan difinisi tradisional itu? angkatangan bu/pak guru.. hehe
     Pengertian tradisional itu memang ada benarnya, tetapi kurang relevan, karna menyampaikan atau mentransfer juga butuh metode tersendiri untuk sampai kepada anak didik kita... betul?
     Maka dari itu saya akan berbagi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, jika menyenangkan maka pelajaran yang kita ajarkan akan mudah masuk kepada siswa.. Aminnn.... Metode juga berperan untuk Mengatasi kegaduhan didalam kelas, seperti yang sudah saya jelaskan di tulisan 10 Tips Mengatasi Siswa yang Gaduh dikelas.


1.  TALKING STIKE

=>Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan tongkat.
2. Guru menyampaikan materi pokok yang  akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
3. Setelah selesai, guru menyuruh siswa membuka materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, kemudian siswa menutup bukunya.
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa dengan cara menyanyi atau hitungan, jika lagu atau hitungan berhenti maka setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
 5. Guru memberikan kesimpulan.
 6. Evaluasi.
 7. Penutup.

2.  PICTURE AND PICTURE

=>Langkah-langkah :
1.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.   Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi    urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7.  Kesimpulan/rangkuman

3.  NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor)

 =>Langkah-langkah :
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6. Kesimpulan

4.  ROLE PLAYING (Bermain Peran)
  
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyusun sekenario yang ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan, masing – masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8. Masing – masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
     11. Penutup

5. MAKE A MATCH (Mencari pasangan)
 
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu dikocoklagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan

 6. KARTU ARISAN
 
Media : Buat kartu (10x10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan kartu/kertas ukuran 5x5 cm untuk menulis soal
Gelas
=>Langkah-langkah :
1. Bentuk kelompok 4 orang secara heterogen
2. Kertas jawaban bagikan pada siswa masing – masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah berisi soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban
4. Apabila jawaban benar maka siswa dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawaban yang benar siswa diberi point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan point dari para anggotanya
6. Kelompok yang mendapat nilai terbanyak akan diberi hadiah (buku tulis)
7. Dan seterusnya

7.  JIGSAW (MODEL TIM AHLI) 

=>Langkah-langkah :
1.    Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4.    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5.    Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
 6.    Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
 7.    Guru memberi evaluasi
 8.    Penutup
       Menurut penulis itulah metode yang menyenangkan dan mudah dilakukan, mungkin menurut ibu/bapak guru ada metode yang lebih menyenangkan, bisa melontarkan kritik atau saran dikolom komentar dibawah. tapi jangan pedas-pedas ea... hehe cukup sekian...

SELAMAT MENCOBA.... GOOD LUCK 

Cute Finding Nemo

0 Response to "METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DAN MUDAH DILAKUKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel